Kemenag Turunkan Usulan Biaya Haji Jadi Rp49,8 Juta

Rapat Bersama Kemenag dan DPR RI. (ist) - Kemenag Turunkan Usulan Biaya Haji Jadi Rp49,8 Juta
Rapat Bersama Kemenag dan DPR RI. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR RI menyepakati usulan biaya perjalanan ibadah haji 2023 atau BPIH sebesar Rp49,8 juta. Nominal ini adalah yang harus dibayarkan oleh calon jemaah haji.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag, Hilam Latief menjelaskan, besaran BPIH secara keseluruhan adalah Rp90 juta. Adapun 44,7 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat yaitu sebesar Rp40.237.937, sehingga yang harus dibayarkan tiap calhaj adalah Rp48,9 juta.

Bacaan Lainnya

“Menyepakati besaran rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1444 H/2023 M per jemaah untuk jemaah haji reguler sebesar Rp90.050.637.26 yang terdiri dari: Bipih atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah haji rata-rata per jemaah sebesar Rp49.812.700,26 atau sebesar 55,3 persen,” bunyi kesepakatan yang dibacakan oleh Ketua Panja Haji Komisi VIII Marwan Dasopang, Rabu (15/2/2023).

Nilai manfaat tersebut digunakan untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Armuzna, perlindungan, dokumen perjalanan serta biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.

Kendati demikian, usulan ini belum menjadi keputusan final karena baru disepakati di tingkat Panja. Kemenag bersama Komisi VIII DPR RI akan menggelar Rapat Bersama untuk menyepakati biaya haji 2023. Rencananya, pengumuman resmi juga akan dilakukan pada hari ini.

Sebelumnya, Kemenag mengusulkan biaya haji 2023 adalah sebesar Rp69 juta per jemaah. Biaya tersebut menjadi sangat tinggi karena nilai manfaat hanya menanggung 30 persen dari total biaya.

Usulan tersebut mendapatkan sorotan karena dinilai terlalu besar. Hal tersebut lah yang kemudian dikaji kembali oleh Kemenag. (hma/rhd)


Baca juga:

Kemenag Usulkan Biaya Haji 2023 Naik Jadi Rp69 Juta
Jokowi Soal Kenaikan Biaya Haji: Belum Final
Muhadjir Effendy Sarankan Kenaikan Biaya Haji Secara Bertahap
Wacana Biaya Haji Naik, Tak Surutkan Pendaftar Kota Malang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *