Tim WP Nakula Polinema Raih Juara 3 LKTIN

Tim WP Nakula Polinema raih juara 3 LKTIN. (ist) - Tim WP Nakula Polinema Raih Juara 3 LKTIN
Tim WP Nakula Polinema raih juara 3 LKTIN. (ist)

Malang, SERU.co.id – Tim WP NAKULA Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil meraih Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) pada Biology Scientific Fair (BSF) 2022. Tim yang berasal dari Workshop Electro Politeknik Negeri Malang ini menyajikan inovasi yang berjudul “CLARIAS : Sistem Budidaya Ikan Lele Menggunakan Air Bekas Wudhu berbasis Internet Of Things (IoT).”

BSF 2022 diselenggarakan online oleh Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta pada 19-23 Oktober 2022. Tim WP Nakula berhasil bersaing melawan tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Universitas Garut, Universitas Bengkulu, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

“Alat yang kami buat ini dilatarbelakangi oleh adanya limbah air bekas wudhu yang masih layak untuk digunakan. Misalnya untuk menyiram tanaman atau budidaya ikan,” seru Ketua Tim WP Nakula, Ibrahim, yang dibimbing oleh Lis Diana Mustafa ST MT.

Tim WP Nakula beranggotakan Ibrahim (Ketua Tim/Prodi D-III Teknik Listrik), Dyas Aji Ramadhan (Prodi D-IV Teknik Elektronika), dan Zerlina Putri Wollage (Prodi D-IV Teknik Informatika).

Pengumuman Tim WP Nakula Polinema meraih juara 3 LKTIN. (ist) - Tim WP Nakula Polinema Raih Juara 3 LKTIN
Pengumuman Tim WP Nakula Polinema meraih juara 3 LKTIN. (ist)

Disebutkannnya, alat ini dapat mendeteksi kondisi Ph kolam ikan lele dengan menggunakan sensor Ph. Dan disempurnakan dengan aplikasi yang terhubung dengan alat, agar bisa dikendalikan dari jarak jauh.

“Sistem yang dibuat ini akan menyalurkan air wudhu ke kolam penangkaran ikan lele yang dibuat di dekat masjid. Ketika air melebihi batas kolam ikan atau kurang, maka secara otomatis sistem akan menguras atau mengalirkan air bekas wudhu ke kolam ikan lele,” tuturnya.

Selain dapat memanfaatkan limbah air bekas wudhu, CLARIAS juga dapat menambah pendapatan masyarakat dari hasil peternakan ikan lele. (rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *