Diskusi Digital Kemenkominfo Bahas Personal Branding Komunitas Motor Situbondo

Membangun personal branding komunitas motor di media sosial. (ist) - Diskusi Digital Kemenkominfo Bahas Personal Branding Komunitas Motor Situbondo
Membangun personal branding komunitas motor di media sosial. (ist)

Situbondo, SERU.co.id – Diskusi literasi digital ”Makin Cakap Digital” akan hadir secara chip in dalam acara ulang tahun Situbondo Scooter Club (SSC). Tepatnya di Hotel Sidomuncul 2 Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023) pukul 19.00.

Diskusi luring (offline) bertajuk ”Membangun Personal Branding Komunitas Motor di Media Sosial” gelaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama klub pecinta motor vespa Situbondo itu. Akan menghadirkan tiga narasumber, di antaranya Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Situbondo Dhian Pramusinta Ekasiwi, Dosen sekaligus Pemerhati Teknologi Digital Adhi Prasnowo, Chief Operating Regional ACSB East Java Muhajir Sulthonul Aziz, dan pendiri @singyourmind_id Mohammad Noviyanto sebagai moderator.

Bacaan Lainnya

”Diskusi ini digelar gratis, dapat diikuti dengan cara mendaftar ke link registrasi peserta di https://s.id/DaftarKabSitubondo2005. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah e-money sebesar Rp 1.000.000.- untuk 10 peserta yang beruntung,” seru Kemenkominfo, dalam rilisnya kepada awak media, Jumat (19/5/2023) malam.

Kemenkominfo menjelaskan, berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan instansinya bersama Katadata Insight Center pada 2021. Didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Dengan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masuk dalam kategori ”sedang”.

”Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46,” tulis Kemenkominfo.

Webinar literasi digital di lingkungan komunitas pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan. Hingga kelompok masyarakat (komunitas) menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024,” tambah Kemenkominfo.

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo menegaskan, perkembangan teknologi informasi dan media jejaring sosial saat ini menyebabkan pembentukan personal brand melalui media sosial semakin penting. Identitas individu atau kelompok dibentuk secara simultan dalam ruang virtual maupun dalam realitas masyarakat sosial.

Adapun cara memanfaatkan media sosial untuk personal branding. Di antaranya identifikasi diri lebih jauh, kemudian mendeskripsikan diri dengan cara yang menarik di profil Facebook, bio Twitter, Instagram maupun LinkedIn.

”Lalu, membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat terkait dengan keahlian Anda. Gunakan etika yang baik, tingkatkan interaksi sosial secara online dengan para audiens,” jelas Kemenkominfo.

Untuk diketahui, program #literasidigitalkominfo tahun ini mulai dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Tahun ini, program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Program IMCD selalu membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Kecakapan digital menjadi penting karena, menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social, pengguna internet dan media sosial di Indonesia pada periode 2021-2022 telah mencapai 220 juta orang.

”Padahal, pada 2019, jumlah itu masih di angka 175 juta orang,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (*/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *