Pemkab Bojonegoro Berbagi Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

sapa malowopati berbagi tips berpuasa bagi penderita diabetes
Sapa Malowopati berbagi tips berpuasa bagi penderita diabetes. (foto:ist)

Penanganan penderita diabetes yang berpuasa, dokter dapat mengganti obat pasien dengan obat yang lebih cocok dengan jadwal makan pasien selama bulan Ramadan. Dalam beberapa kasus, penderita diabetes mungkin harus memperoleh dosis yang lebih rendah atau lebih tinggi dari obat mereka selama periode puasa. 

“Terkadang, dokter dapat mengganti obat pasien dengan obat yang lebih cocok dengan jadwal makan pasien selama bulan Ramadan,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Penderita diabetes juga harus memastikan bahwa mereka tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Konsumsi banyak air dan hindari kafein, juga minuman manis yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi saat sahur dan berbuka. 

Jika ingin mengonsumsi minuman es, ada beberapa opsi yang lebih sehat untuk dipertimbangkan. Misalnya, minuman es yang dibuat dengan bahan-bahan segar tanpa tambahan gula atau sirup, seperti es jeruk atau es kelapa muda. Dapat dicoba juga membuat minuman es dengan menggunakan pemanis buatan rendah kalori atau gula alami, seperti madu. 

Namun perlu diperhatikan porsi dan frekuensi konsumsinya. Meskipun minuman es yang dibuat dengan bahan-bahan sehat, tetap tidak disarankan dikonsumsi terlalu sering.

“Harapannya ibadah puasa tetap berjalan dengan baik tetapi jangan sampai terjadi komplikasi-komplikasi, harus pantau gula darah secara rutin dan perhatikan jika ada gejala gula darah anjlok, tinggi ataupun kekurangan cairan,” pesan dr. Jonathan. 

Jika kemudian terjadi gejala-gejala yang telah disebutkan selama menjalankan ibadah puasa segera konsultasikan ke dokter. (*/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *