Malang, SERU.co.id – Jelang hari jadi ke-1.265 tahun Kabupaten Malang, Pemkab Malang me-Launching Logo Hari Jadi di Pendopo Agung, Sabtu (20/9/2025). Diumur lebih dari 12 abad ini, perayaan hari jadi mengusung tema ‘Peningkatan Daya Saing Daerah dalam Peningkatan Ekonomi Inklusif yang Berkelanjutan’. Sebagai gambaran makna perjalanan panjang Kabupaten Malang hingga menginjak 1.265 tahun.
Bupati Malang, HM Sanusi menerangkan, logo pilihan tersebut merupakan gambaran perjalanan Kabupaten Malang menuju 1.265 tahun. Dimana pada umur tersebut, menempuh perjalanan sangat luar biasa dengan dinamika sejarah yang telah dilalui. Mulai dari kejayaan peradaban kerajaan di masa lalu, masa kolonial, hingga perjalanan panjang menuju pembangunan daerah modern yang dirasakan saat ini.

“Logo Hari Jadi ke-1265 Kabupaten Malang yang akan kita launching hari ini secara garis besar melambangkan perjalanan panjang Kabupaten Malang. Sekaligus optimisme kita untuk terus bergerak maju,” seru Sanusi, dalam sambutannya, Sabtu (20/9/2025).
Ia menerangkan, banyak makna tertuang dalam logo yang memiliki lima kombinasi warna tersebut, menggambarkan berbagai simbol dan makna yang terkandung.
“Logo ini adalah cerminan dari identitas, semangat dan cita-cita kita bersama. Saya berharap, logo ini akan menjadi perekat semangat kebersamaan, pemantik inovasi dan simbol persatuan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Malang. Dalam menyongsong masa depan yang lebih gemilang,” ungkapnya.
Sanusi mengatakan, tema yang mereka usung di tahun ini lahir dari kesadaran, dari pembangunan yang tidak boleh hanya mengejar angka pertumbuhan ekonomi semata. Namun pembangunan harus menghadirkan manfaat yang merata bagi seluruh masyarakat. Mulai dari desa hingga kota, dari pelaku usaha besar hingga UMKM, dari generasi tua hingga generasi muda.
Menurutnya, Kabupaten Malang merupakan daerah yang telah dianugerahi kekayaan alam indah, budaya yang luhur, serta sejarah yang bernilai tinggi. Dirinya juga memamerkan, jika kabupaten dengan 33 kecamatan tersebut, kini telah memiliki sekitar 293 Daya Tarik Wisata (DTW) yang tersebar di berbagai wilayah.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Purwoto menambahkan, logo dan tema yang diciptakan gambaran RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 5 tahun kedepan.
“Setiap logo hari jadi itu mesti memiliki semangat baru ya, untuk tahun ini tema RPJM baru untuk 5 tahun ke depan. Tema ini kita sesuaikan dengan tema RPJM kita 2025-2029, jadi semangatnya tetap untuk Malang Makmur yang Berkelanjutan. Jelas mimpinya Malang Makmur Berkelanjutan ini harus tercapai nanti di tahun 2029,” tandas Purwoto. (wul/rhd)