Beragam Manfaat Tanaman Singkong Dari Akar Hingga Daun

BERAGAM MANFAAT TANAMAN SINGKONG DARI AKAR HINGGA DAUN

Singkong merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi – umbian yang berasal dari Amerika selatan. Akar dari tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat dan kalori yang bisa dijadikan bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, terutama yang sehari – hari makanan pokoknya ialah nasi.

Karena kandungan yang terdapat didalam singkong ini lebih baik daripada nasi dikarenakan rendah gula dan memiliki serat tinggi sehingga, baik untuk penderita diabetes dan kesehatan pencernaan.

Bacaan Lainnya

Tanaman singkong ini sangat mudah untuk dibudidayakan dikarenakan tidak terlalu banyak perawatan dan tanaman ini juga bisa budidayakan dilahan kering sekaligus.

Dan pengolahannya pun sudah banyak yang menggunakan bahan dasar tanaman singkong. Dan cara pengolahannya juga beragam ada yang digoreng, direbus, dan dipanggang.

Lain daerah lain juga proses pembuatannya, seperti juga didaerah Jawa Timur masyarakat disini biasanya mengolah daun singkong untuk dijadikan sayur, daun singkong memiliki rasa agak pahit.

Apabila dimasak dengan benar, rasa pahit tidak akan kerasa lagi.

Ada beberapa manfaat daun singkong juga seperti mengobati diare, mengatasi radang sendi, baik untuk ibu hamil, meningkatan sistem imunitas tubuh.

Tetapi terdapat juga akibat terlalu banyak mengonsumsi daun singkong karena dapat menyebabkan hipertensi atau peningkatan darah, dimana bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Jadi, secukupnya saja kalu ingin mengolah daun singkong.

Tape juga berasal dari akar singkong yang difermentasikan yang mempunyai rasa manis dan lembut, manis yang dihasilkan dari fermentasi tadi sangat khas.

Tape ini adalah makanan tradisional yang terkenal di Jawa Barat hingga Jawa Timur “manfaat dari fermentasi singkong ini memiliki banyak manfaat salah satunya ya untuk pencernaan“ jawab Pak Gunadi pedagang tape, Umbi singkong juga bisa dibuat menjadi tepung tapioka tidak lain yaitu bahan pokon pembuatan makanan dan kue.

Tidak kalah juga dengan akar dan daun, batang singkong juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan arang aktif dan juga bisa dijadikan souvenir. Dan daunnya pun bisa dijadikan makanan ternak jika diolah dengan baik dan benar.

Di lansir dari REPUBLIKA.CO.ID, lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor ( IPB ) bisa mengubah batang singkong menjadi souvenir yang kreatif, selain itu juga dapat meminimalisir penumpukan sampah dan juga dapat membudidayakan warga sekitar yang sekiranya mereka belum juga memiliki pekerjaan, dengan begitu mengurangi jumlah penggangguran dan meningkatkan produktivitas masyarakat.

Selain pengolahan dari tanaman singkong, tanaman ini dapat membantu menurunkan berat badan yang sedang menjalani program diet. Karena kalori yang terkandung dalam tanaman singkong sangat tinggi sehingga dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama.

Salah satunya dengan merebus atau dipanggang dengan begitu tidak ada minyak yang akan kita makan. Tanaman ini juga dapat membuat kulit kita jadi halus, mencerahkan kulit, membantu memudarkan bekas bintik hitam di wajah dan masih banyak lagi.

Jadi kesehatan badan dan kulit jangan hanya dirawat dari luar saja melainkan dengan cara kita mengonsumsi makanan yang bervitamin dan serat tinggi tidak lupa kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita masing – masing. Dan jangan ketika hendak mengonsumsi juga harus diperhatikan kebersihannya dengan cara mencucinya hingga bersih.

Tak perlu mahal jika ada ada yang murah yaitu tanaman singkong yang banyak sekali manfaatnya dan cara mengolahnya pun mudah. Dan dari tanaman singkong kita juga dapat melestarikan kebudayaan daerah dengan memodivikasi makanan tradisional sehingga diminati kembali oleh kalangan anak – anak hingga dewasa.

 

Rahmadhini Putri Ryansah
Ilmu Komunikasi – Universitas Muhammmadiyah Malang (UMM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *