Makin Mewah, PT KAI Modifikasi Tempat Duduk Kelas Ekonomi Jadi Mirip Eksekutif

Kursi kereta api ekonomi yang dimodifikasi seperti kereta eksekutif. (ist) - Makin Mewah, PT KAI Modifikasi Tempat Duduk Kelas Ekonomi Jadi Mirip Eksekutif
Kursi kereta api ekonomi yang dimodifikasi seperti kereta eksekutif. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan peningkatan layanan kepada para penumpang. Salah satunya adalah memodifikasi interior kereta dan tempat duduknya di Balai Yasa Manggarai.

Dalam sebuah video yang dibagikan akun @iqbal1299 di TikTok menampilkan, kursi penumpang kereta kelas ekonomi diubah menjadi kursi seperti di kelas eksekutif. VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menyebutkan, modifikasi ini adalah bagian dari peningkatan pelayanan.

Bacaan Lainnya

“Modifikasi ini sebagai bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi,” seru Joni, Kamis (25/5/2023).

Dengan tempat duduk baru ini, kapasitas gerbong kereta ekonomi yang sebelumnya sebanyak 80 tempat duduk, kini berkurang menjadi 72 tempat duduk. Hal ini akan memberikan kesan lebih luas bagi penumpang. Tak hanya itu, kursi baru kereta ekonomi dapat disandarkan dan diputar seperti kursi di kereta eksekutif.

Modifikasi lainnya adalah menambahkan jam dan suhu dalam interior kereta. Joni menyebut, modifikasi interior juga menambahkan bentuk bagasi seperti pada kereta eksekutif dan perubahan nuansa yang lebih cerah.

“Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk,” tuturnya.

Kursi kereta api ekonomi yang dimodifikasi seperti kereta eksekutif. (ist) - Makin Mewah, PT KAI Modifikasi Tempat Duduk Kelas Ekonomi Jadi Mirip Eksekutif
Kursi kereta api ekonomi yang dimodifikasi seperti kereta eksekutif. (ist)

Sementara itu, Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menyebut, modifikasi yang dilakukan ini akan memberikan kesan yang lebih manusiawi bagi penumpang KA ekonomi.

“Kita ingin mengonversi seluruh KA ekonomi yang berhadapan untuk kita buat KA ekonomi yang lebih manusiawi,” ungkapnya.

Dengan fasilitas yang ditingkatkan, Didiek mengatakan jika ada kemungkinan kenaikan tarif. Namun, ia memastikan kenaikan tarif pasti disesuaikan dengan yang fasilitas yang didapatkan.

“Tetap ekonomis, kalau tarif menyesuaikan lah. Tapi itu termasuk toilet kita perbaiki. Dan, ada tempat ibadah juga kita sediakan. Jadi membuat transportasi yang manusiawi, yang berkelanjutan,” terang Didiek.

Modifikasi ini ditargetkan dapat selesai pada tahun ini. Sehingga, masyarakat dapat segera merasakan perjalanan yang berbeda dengan kereta ekonomi. (hma/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *