TPS3R Desa Laden Pamekasan Hasilkan Sampah Satu Ton Setiap Minggu

Pengelola sampah TPS3R Desa Laden usai memungut sampah di rumah warga. (udi) - TPS3R Desa Laden Pamekasan Hasilkan Sampah Satu Ton Setiap Minggu
Pengelola sampah TPS3R Desa Laden usai memungut sampah di rumah warga. (udi)

Pamekasan, SERU.co.id – Meski tidak bekerja sama dengan Desa lain, Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) yang ada di Desa Laden, Kecamatan Pamekasan dalam tiap harinya hasilkan sampah hingga 5 kwintal lebih. Padahal, TPS3R teresbut baru berjalan dua bulan.

Candra Prasityo selaku pengelola sampah tersebut menuturkan, pasokan sampah yang diambil di rumah warga dilakukan setiap hari dari pagi hari hingga siang hari. Padahal, TPS tersebut belum melakukan kerja sama dengan desa yang lainnya.

Bacaan Lainnya

“Kami mengambil sampah ke rumah warga tiap hari, dan kalau di kalkulasikan ada sekitar 5 kwintal. Jadi, jika satu minggu kita bisa hasilkan sampah sekitar 1 ton,” serunya saat diminta keterangan, Senin (15/5/2023).

Menurut sopir viar pengangkut sampah itu, petugas sampah itu hanya ada empat orang, namun untuk saat ini tersisa tiga orang karena berhenti.

“Awalnya kami ada 4 orang, cuma karena satunya berhenti jadi kita tinggal bertiga saja,” tuturnya.

Candra melanjutkan, pihaknya sudah pernah menjual sampah yang berupa sampah botol dengan nominal pendapatan yang bervariatif.

“Pernah kami menjual sampah botol dan itu kami dapatkan uang sebesar 500 ribu rupiah. Namun untuk harga itu bervariatif, kadang murah kadang mahal, untuk uangnya itu masuk ke kas,” tandasnya. (udi/mzm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *