Sisi Lain TPA Socah, Tiap Dua Minggu Hasilkan Rp 200 Ribu

Bangkalan, SERU – Sebuah berkah didapatkan dari Tempat Pembuangan Ahir (TPA) di Desa Buluh Kecamatan Socah. Pasalnya,dalam lokasi ini setiap harinya 15 penduduk mengadu nasib di tempat yang penuh lalat itu.

Misriyah (40) warga Desa Kesek Kecamatan Socah merupakan salah satu warga yang setiap harinya berada di lokasi timbunan sampah melakukan pemilahan sampah. Dari hasil memilah sampah tersebut,setiap harinya ia bisa mengumpulkan 10 kilo sampah plastik.

Ia mengatakan, dari hasil memilah tersebut setiap dua minggu sekali datang tengkulak barang bekas untuk mengambil plastik dan sampah lain yang masih bisa diolah kembali. Dari situlah ia mendapatkan hasil berkisar Rp 400 ribu setiap dua minggu.

“Kalau sebulan bisa Rp 800 ribu, tengkulak datang setiap dua minggu sekali biasanya setiap kita setor barang dapet hasil Rp 400 ribu, tergantung banyaknya plastik dan barang-barang yang bisa dikumpulkan,” ucapnya.

Ia dan 14 teman lainnya setiap hari ke lokasi TPA sejak pukul 07.00 hingga pukul 16.00 sore. Dari situlah ia dapat membantu kebutuhan ekonomi keluarganya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

“Ya untuk uangnya kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” terangnya.
Diketahui, setiap harinya truk pengangkut sampah mengangkut 64 ton ke TPA. Sampah tersebut berasal dari wilayah kota dan beberapa wilayah kerjasama DLH. (isn/nhs/jun)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *