Angkat Produk Lokal, Pusat Oleh-oleh Buah Tangan Lakukan Kurasi

proses kurasi produk non mamin di pusat oleh oleh buah tangan kota batu
Proses kurasi produk non mamin di pusat oleh oleh Buah Tangan Kota Batu. (foto;dik)

Batu, SERU.co.id Pusat Oleh-oleh Buah Tangan beralamatkan di Jalan Raya Mojorejo 374, Kecamatan Junrejo, Kota Batu mengadakan kurasi produk non makanan minuman, diikuti puluhan UMKM dari Kota Batu. Kegiatan yang didukung oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Batu ini berlangsung di lantai 3 toko oleh-oleh Buah Tangan, Rabu (25/1/2023 ) siang.

Asisten Manager Pusat Oleh-oleh Buah Tangan, Selvi Kumala mengatakan, kurasi produk yang dilakukan perusahaannya adalah untuk melengkapi lantai 2 toko tersebut yang dikhususkan untuk produk kerajinan maupun asesoris. Pihaknya ingin mengangkat produk UMKM Kota Batu tidak hanya untuk usaha makanan minuman saja. Kurasi produk dilakukan untuk mendapatkan produk terbaik yang bisa dijual di toko yang baru berjalan 8 bulan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin mencari produk berkualitas yang bisa didapatkan pengunjung yang sedang ‘wisata belanja’ di tempat kami,” serunya.

Selvi, sapaan akrabnya menjelaskan, peserta yang mengikuti kurasi produk makanan minuman ini sekitar 35 pengusaha. Masing-masing membawa hasil produk yang beraneka ragam. Baik berupa tas dan dompet rajut, aksesoris dari bahan kayu, kain batik, kerajinan berbahan kulit, aksesoris gelang dari manik-manik dan sebagainya.

“Untuk sistem kerjasama yang kami tawarkan adalah konsinyasi yaitu titip barang. Pihak toko akan membayar barang yang laku terjual,” ungkapnya.

Selvi menambahkan, peminat kurasi produk non Mamin ini ternyata tidak hanya dari Kota Batu. Beberapa UMKM dari luar kota juga ingin mengadu peruntungan untuk mengikuti kurasi tersebut. Beberapa UMKM yang hadir antara lain dari kota Madiun, Sidoarjo, Situbondo, Surabaya dan Pasuruan.

“Untuk proses kurasi ini, selain kami yang menjadi kurator internal, namun juga menggandeng kurator yang sudah memiliki sertifikat dari Kadin,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *