Sidak Pasar Blimbing, Diskopindag Temukan ‘Minyakita’ Melambung Diatas HET

Malang, SERU.co.id – Diskopindag Kota Malang sidak pasar Blimbing memantau harga sembako, terutama harga beras dan minyak goreng. Hasilnya, Diskopindag mendapati harga Minyakita yang seharusnya harga eceran tertinggi (HET) Rp.14.000, melambung hingga Rp16.000. Bisa jadi ada harga lebih diluar Pasar Blimbing.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengatakan, kenaikan itu akibat permasalahan di tingkat supply. Diskopindag berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait. Terkait ada pencopotan subsidi atau tidak, sejauh ini Eko masih belum melakukan pemantauan terkini.

“Pasti supply. Nanti akan kami koordinasikan, kalau supplynya lancar kan saya kira gak ada masalah. Sehingga HET imbang,” ujar Eko.

Pemilik salah satu kios, Wiyanto menyampaikan, stok Minyakita di kiosnya dalam kondisi kosong. Sedangkan yang ada hanya minyak curah dengan kondisi harga stabil, yakni Rp14.000.

“Minyak goreng stabil kalau yang curah, yang Minyakita gak ada. Minyak per liter Rp14 ribu. Barangnya sekarang gak ada (Minyakita), kan dari Diskopindag gak ada mulai akhir tahun, akhir Desember terakhir,” jelas Wiyanto.

Harga jual Minyakita yang melebihi HET. (ws7) - Sidak Pasar Blimbing, Diskopindag Temukan 'Minyakita' Melambung Diatas HET
Harga jual Minyakita yang melebihi HET. (ws7)

Lebih lanjut, Kepala Diskopindak menyampaikan, harga komoditi lain seperti beras dan telur ayam ras masih normal. Namun di tiap-tiap pasar kemungkinan bisa berbeda satu sama lain.

“Kalau beras saya kira masih normal kisaran Rp12-12,5 ribu, karena setiap pasar harga beras itu nggak sama. Jadi tergantung pasar, kalau pasar Blimbing pasti masyarakatnya lingkungan Pasar Blimbing. Kalau Pasar Oro-oro Dowo juga seputar sana, jadi harga berasnya gak sama,” jelas Eko.

Eko melanjutkan, dengan kondisi harga beras dan telur saat ini, perubahan tidak terasa di tingkat konsumen yang membeli eceran beras satu kiloan. (ws7/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!