Pelantikan 171 PPS, Wali Kota Malang Ingatkan Pemutakhiran Data Pemilih Pemula

Malang, SERU.co.id – Pemutakhiran data pemilih pemula jelang Pemilu 2024 menjadi pesan pengingat dari Wali Kota Malang, Sutiaji. Disela pelantikan 171 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Savana, Selasa (24/1/2023).

Pasalnya, Sutiaji mengingatkan, hal itu menjadi tanggung jawab PPS yang dilantik dan akan bertugas pada 57 kelurahan di Kota Malang. Terutama data pemilih pemula yang memiliki hak pilih saat hari H pelaksanaan pencoblosan.

“Nanti kan pada hari H-nya, anak-anak yang sekarang memang belum masuk data pemilih pemula kan ada ya. Dia tahun kemarin atau pada waktu pendaftaran sekarang kan masih belum, tapi pas nanti masuk 17 tahun dia juga kan punya hak pilih. Hal-hal ini yang perlu dipertimbangkan dan dicermati,” seru Sutiaji.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, PPS juga punya kewenangan merekrut Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Tugasnya, memutakhirkan data-data pemilih, termasuk data pemilih pemula sesuai dengan arahan Wali Kota Malang.

“Nanti akan ada panitia lain, yaitu Pantarlih, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih. Dimana akan direkrut oleh temen-temen PPS untuk menjalankan itu. Jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kota Malang,” jelas Aminah.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas. (ws7) - Pelantikan 171 PPS, Wali Kota Malang Ingatkan Pemutakhiran Data Pemilih Pemula
Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas. (ws7)

Sampai saat ini, KPU Kota Malang telah memetakan TPS sebanyak 2.588. Sedangkan Pantarlih akan melaksanakan tugasnya, mulai dari menyusun hingga menghasilkan data pemilih sementara.

“Petugas Pantarlih-nya nanti untuk mengupgrade atau memutakhirkan data pemilih itu, ya sejumlah TPS tersebut. Hasilnya seperti apa, kemudian dirumuskan, pemutakhiran datanya. Sampai kemudian menyusun data pemilih itu menjadi data pemilih sementara,” tandas Aminah. (ws7/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!