Menpora Buka Porwanas XIII di Graca UM Diikuti 2200 Atlet dari 35 Provinsi

Logo Porwanas. (ist) - Menpora Buka Porwanas XIII di Graca UM Diikuti 2200 Atlet dari 35 Provinsi
Logo Porwanas. (ist)

Malang, SERU.co.id – Opening Ceremony Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang pada Senin 21 November 2022 berlangsung meriah. 2200 atlet dari 35 provinsi tumpah ruah merayakan pembukaan Porwanas yang sempat tertunda 6 tahun akibat pandemi ini.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur yang juga Ketua Umum Pelaksana, Lutfil Hakim mengatakan. Porwanas sebagai ajang wartawan dengan minat olahraga tinggi dimana Jatim telah 2 kali menjadi tuan rumahnya.

Bacaan Lainnya

“Porwanas sendiri menjadi ajang minat jurnalis pada olahraga tinggi. Tentu harus menjunjung sportivitas, jurnalis harus jujur dan tidak boleh bohong. Porwanas bisa menjadi tempat junjung sportivitas termasuk dalam hal jurnalistik. Kedepan bagaimana bisa terlembaga dan bisa tingkatkan minat masyarakat. Pemerintah melalui Kemenpora, bisa menkonstruksi desain olahraga nasional. Disini Porwanas akan mengeratkan hubungan antara pemerintah dan jurnalis,” ungkap Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur yang juga Ketua Umum Pelaksana, Lutfil Hakim.

PORWANAS: Opening Ceremony Porwanas XIII Tahun 2022. (ist) - Menpora Buka Porwanas XIII di Graca UM Diikuti 2200 Atlet dari 35 Provinsi
PORWANAS: Opening Ceremony Porwanas XIII Tahun 2022. (ist)

Porwanas kali ini mempertandingkan 11 Cabor di 19 venue. Sebelum acara ada suguhan tarian dari siswa siswa SD SMP se Kota Malang, dilanjutkan dengan defile 35 kontingen, joke Cak Lontong dan Akbar sebagai stand up comedian, dilanjut dengan pengibaran bendera Porwanas, dilanjut janji atlet dan wasit, diakhiri penyalaan api Porwanas oleh Dahlan Iskan. Tampilan yang tidak kalah seru saat ditutup nyanyian dari Denny Caknan sebanyak 8 nyanyian. Semua berjoget dengan serunya.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali yang mewakili Presiden RI menyampaikan, Porwanas ini bisa menjadi langkah desain olahraga nasional. Yang didalamnya ada olahraga prestasi, olahraga masyarakat dengan Indonesia minimal ada di peringkat 10 besar dunia saat olimpiade. Olahraga bisa membangun manusia tangguh, cerdas mampu bersaing dengan negara lain. Dan bisa menjadi sumber ekonomi.

“Olahraga bukan hanya membugarkan masyarakat tapi juga menumbuhkan ekonomi melalui sport tourism dan sport ekonomi. Misalkan Kemenpora dengan Siwo saat Hari Pers Nasional berupa kerjasama dengan PWI pusat dan daerah, dan desain olahraga nasional akan semakin masiv ditengah masyarakat. Siwo bagian penting untuk tingkatkan prestasi olahraga. Tidak mungkin bersosialisasi dengan baik bila tidak ada kerjasama,” pungkas Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. (wdy/man/mzm)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *