Ratusan Emak-emak Geluti Pelatihan Medsos Kembangkan UMKM

IMG 0370 1
IMG 0370 1

• Sinergitas XL Axiata, Sisternet, BCC Malang dorong produktifitas UMKM

Kota Malang, SERU

Menjadi kaum wanita, bukan berarti terbatasi menjadi pengusaha kecil menengah. Dengan teknologi digital media sosial, mampu menjawab permasalahan tersebut. Mengusung program Sisternet, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggandeng Bloggercrony Community (BCC) Malang, menggelar Kelas Literasi Digital Sister UKM Go Online, di Ngalup.co Coworking Space, Rabu (28/8/2019) siang.

Kelas Literasi Digital Sister UKM Go Online merupakan pelatihan memanfaatkan teknologi dan sarana digital secara maksimal untuk memacu produktifitas usaha kecil menengah bagi kalangan perempuan. Peserta yang hadir adalah komunitas UKM di area Malang, antara lain Bloggercrony Community, BloggerPreneur Malang, Komunitas UMKM Amangtiwi, Malang Creative Fusion, Komunitas Jendela Maju Bersama, A2KM, Berlian, dan Komunitas Bakul Online.

IMG 0363
Animo peserta menyimak pemaparan pemateri. (rhd)

Tampil sebagai pemateri, yaitu CEO Bayi Banget Hijab, Tyas Windarti, yang memaparkan “Tim Hebat Omzet Melesat”; dan Owner Digital Kreatif Hub & Founder Bloggercrony Community, Wardah Fajri, yang memaparkan “Optimasi Medsos UKM Cerdas Digital”.

“Ini merupakan kegiatan offline bagi perempuan pelaku UMKM di Malang, karena memiliki komunitas UKM terbesar di Indonesia. Kami mengedukasi kaum ibu ini untuk mengoptimalkan penggunaan akun medsosnya ke arah bisnis. Bagaimana postingan itu efektif dan efisien untuk kepentingan bisnisnya. Dan yang terpenting, menjadi pengusaha tidak perlu anak buah banyak. Bisa memanfaatkan saudara atau keluarga sebagai tim,” jelas Astri Mertiana, Sisternet Partnership Manajemen.

Kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Bloggercrony Community (BCC) sebagai menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital, diharapkan meningkatkan tingkat “melek digital” kaum perempuan di Indonesia. “Karena itu, sesuai dengan bidang yang kami kuasai, Sisternet dan BCC Malang ingin sekali membantu teman-teman perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital,” jelas Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region.

Imam Mualim menambahkan, XL Axiata menyediakan Modul Pintar Sisternet yang berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Dengan kemasan singkat dan padat informasi, serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui gadget, Modul Pintar mudah dijadikan pendamping belajar bagi Perempuan Indonesia. “Kategori Modul Pintar yang bisa diakses antara lain ; Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Selain Modul Pintar, kelas tatap muka juga dilakukan untuk mendukung pembelajaran lebih dalam,” tandas Mualim.

IMG 20190828 112210
Astri Mertiana, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Sementara itu, Wardah Fajri menekankan agar pemanfaatan fitur akun medsos bisa dimaksimalkan dalam mengembangkan UMKM. Seperti Fanpages Facebook, Instastory Instagram, konten kreator YouTube, bahan cuitan Twitter, dan lainnya. “Masih banyak yang kebingungan, materi yang diunggah di akun medsos seperti apa, menggunakan aplikasi apa, bagaimana caranya, dan hal lainnya. Memang perlu manajemen waktu dan riset untuk disajikan saat follower sedang online. Sebenarnya di akun bisnis IG sudah disediakan data tersebut, tinggal upgrade ke akun bisnis,” jelas mantan wartawan Kompasiana ini.

Yang terpenting, lanjut Wardah, calon user membaca postingan kita. Terlepas nantinya beli kapan atau tidak, itu nanti. “Minimal bikin Instastory sekali sehari. Tanpa harus posting foto dan video IG. Karena 98 persen dari 1.000 wanita, memutuskan membeli setelah melihat postingan di medsos. Rata-rata 52 persen mereka baca medsos saat malam hari,” tandasnya. (rhd)

disclaimer

Pos terkait