Hari Kebebasan Pers Sedunia, Ini Harapan Pemkot dan Pelaku Usaha di Batu

kadiskominfo batu, onny ardianto. (
Kepala Diskominfo Batu, Onny Ardianto. (foto;ist)

Batu, SERU.co.id – Hari Kebebasan Pers Sedunia diperingati setiap 3 Mei. Tahun 2023 ini tema yang diusung yakni membentuk masa depan hak kebebasan berekspresi sebagai pendorong untuk semua hak asasi manusia lainnya.

Berbagai harapan muncul terkait dengan perayaan Hari Kebebasan Pers Sedunia ini. Mewakili Pemerintah Kota Batu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batu, Onny Ardianto mengungkapkan, sesuai dengan tema yang diusung itu merupakan kondisi yang diharapkan oleh semua pihak. Bahwa untuk pers dan insan pers terjamin keamanannya dalam hal kebebasan untuk berekspresi.

Bacaan Lainnya

“Semakin bisa memberikan ruang yang lebih terbuka bagi insan pers untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya,” serunya.

Onny, sapaan akrabnya juga berharap, dengan momen Hari Kebebasan Pers Sedunia, ia juga pers juga bisa memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang. Juga mengedepankan etika jurnalis yang semakin profesional ke depan. Ia pun yakin dengan keterbukaan informasi ini jurnalis juga semakin profesional dan semakin maju.

“Juga lebih mengedepankan kepada hak asasi semua manusia dan semua umat untuk bisa mendapatkan akses informasi yang lebih detail,” tukasnya.

Sementara itu, dari sisi pelaku usaha, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia  (PHRI) cabang Batu, Sujud Hariyadi juga memiliki tanggapan terkait Hari Kebebasan Pers Sedunia.  Berkaitan dengan kegiatan  media yang menyebarluaskan serta  menerbitkan surat kabar dan berita, ia menganggap sudah sangat bagus untuk pemerintah tidak melakukan campur tangan atau mensensor berita dari media.  Hal itu sesuai dengan kebebasan pers yang ada di dunia saat ini pada umumnya.  Tetapi ia juga berharap kebebasan pers tidak boleh melanggar hak orang lain.

“Jadi tidak sampai ada pihak yang teraniaya atau terhalang haknya karena kebebasan pers kita,” pungkasnya. (dik/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *