Tema dan Esensi Logo Resmi HUT ke-108 Tahun Kota Malang
Malang, SERU.co.id – Menyambut momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-108 Tahun Kota Malang pada 1 April 2022 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang merilis tema dan esensi logo resmi. Bertemakan “Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama” beserta logo resmi HUT pada, Selasa (15/3/2022).
Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji mengungkapkan, pilihan tema tersebut merefleksikan semangat kebangkitan dalam bingkai keselarasan langkah. Mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Malang Bermartabat, dimana dalam dua tahun terakhir menghadapi tantangan pandemi.
“Kita sudah melihat sejumlah indikasi empirik positif untuk itu. Dan untuk bangkit bersama, kita butuh kolaborasi, bersatu, sehingga ada akselerasi pembangunan yang mensejahterakan,” seru Sutiaji.

Menurutnya, optimisme kebangkitan tidak terlepas dari penanganan pandemi yang makin baik, sebagai modal penting membangun kembali sendi-sendi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Ekonomi Kota Malang yang sempat terkontraksi di angka -2,26 di tahun 2020, kini tumbuh dan melesat ke angka 4,21 persen di tahun 2021.
Di antaranya disebabkan oleh meningkatnya Realisasi PAD dari Rp491 Miliar (2020) ke angka Rp603 Miliar (2021), meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ke angka 82,04 (2021), hadirnya Mal Pelayanan Publik dan infrastruktur strategis. Seperti Jembatan Tunggulmas, sekolah-sekolah baru, dan berprosesnya Malang Creative Center (MCC).
Serta ditopang dengan akuntabilitas kinerja pemerintahan berpredikat sangat baik secara nasional, menjadi tambahan modal optimisme menjalani tahun 2022.

Kesemuanya dirangkum dalam narasi HUT ke-108 Tahun Kota Malang yang dimaknai sebagai berikut:
*Kolaborasi
Bahwa Kota Malang yang sarat sejarah, budaya dan potensi, diyakini akan tumbuh menjadi kota terkemuka di kancah nasional bahkan dunia. Dengan mengusung semangat kolaborasi antara pemerintah, akademisi, masyarakat, media, perbankan dan jasa keuangan serta dunia usaha dalam memaduserasikan sumber daya dan talenta untuk satu tujuan. Satu simfoni dalam ragam warna adalah energi untuk kota dan bangsa ini.
*Akselerasi
Bahwa Kota Malang memiliki keyakinan dengan berbekal energi yang dialirkan lewat kolaborasi, akan melahirkan momentum percepatan pemulihan ekonomi dan pencapaian target-target pembangunan.
*Bangkit Bersama
Bahwa Kota Malang ingin mewujudkan kebangkitan yang bisa dirasakan seluruh masyarakat, lewat program, kegiatan, inisiatif dan inovasi pembangunan yang makin inklusif dan berkelanjutan.
Ketiga esensi tersebut juga menjadi dasar perumusan logo resmi HUT-Ke 108 Tahun Kota Malang yang turut diluncurkan.

Sementara itu, ada empat elemen utama desain logo, yakni:
Pertama, Angka “108th” berwarna biru yang menjadi penanda usia dan warna kebanggaan Kota Malang.
Kedua, elemen Maskot Osi-Ji dengan gestur bersemangat untuk bersinergi.
Ketiga, tulisan Kota Malang berwarna hijau disertai narasi tema, sebagai representasi warna lambang pemerintahan dan cita-cita kesejahteraan.
Keempat, kelopak bunga yang bermakna Malang sebaga kota bunga siap mekar secara sosial dan ekonomi dalam menghadapi pandemi.
Maskot bernuansa futuristik ini dirancang oleh M. Zahir Fikri, salah satu desainer grafis muda ternama dari Kota Malang melalui proses kurasi oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang.

Ketua ADGI Chapter Malang, Andreas Sjah Pahlevi menjelaskan, ada tiga desain yang ditawarkan oleh tiga desainer grafis terpilih. Dan semuanya telah melalui proses yang memperhatikan dalam perancangan desain secara profesional.
Dimulai pemilihan kandidat dari member ADGI Chapter Malang dengan metode seleksi portofolio, workshop dan briefing, proses perancangan, evaluasi, presentasi untuk pemilihan desain terpilih melalui FGD, hingga dokumentasi asset desain final.
“Kami mengapresiasi keterbukaan Pemkot Malang yang menggandeng desainer lokal sebagai bentuk kolaborasi nyata dan semoga ini terus berkelanjutan,” papar Andreas.
Kontribusi besar komunitas kreatif lokal tersebut pun diapresiasi tinggi oleh Wali Kota Sutiaji.
“Saya bangga sekali dan terimakasih atas peran anak-anak muda Malang yang telah melahirkan karya luar biasa. Inshaallaah logo terpilih ini mewakili semangat kita untuk bangkit,” pungkas Sutiaji.
Logo dan contoh panduan penggunaan logo HUT ke-108 Tahun Kota Malang tersebut dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/Logo108KotaMalang
(adv/rhd)
Baca juga:
- Seluruh Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah, Siap Jalani Wakuf di Arafah
- Satu WNI Meninggal di Gurun Makkah, Dua Lainnya Diselamatkan Usai Coba Masuk Secara Ilegal
- 541 Atlet KONI Kota Batu Lolos Mengikuti Porprov IX Jatim 2025
- KONI Batu Bakar Semangat Tanding Atlet Lewat Character Building
- Pemkot Malang Tak Kuasa Hadapi Alih Fungsi Lahan Pertanian Terdesak Perumahan