Per 1 November 2019, Gerbang Tol Pakis Dioperasikan Gratis

  • Tanggal 7 November berlaku tarif normal

Malang, SERU – Usai diresmikannya Jalan Tol Pandaan Malang seksi 1-3 (Pandaan-Singosari) yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) pada 13 Mei 2019 lalu oleh Presiden RI Joko Widodo, mulai tanggal 1 November 2019 pukul 06.00 WIB, Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 4 (Singosari-Pakis) mulai dibuka.

Pengoperasian ruas seksi 4 ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis). “Untuk sementara, ruas tol sepanjang 4,75 km tersebut dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat,” seru Agus Purnomo, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, dalam keterangan resminya

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis (7/11/2019) pukul 00.00 WIB dengan besaran tarif tol sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Sosialisasi tarif Gerbang Tol Pakis. (ist)

“Bagi pengguna jalan dari wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari. Pun berlaku untuk arah sebaliknya, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari. Artinya, pengguna jalan Asal dan Tujuan GT Pakis, saat ini dikenakan tarif sama dengan Asal dan Tujuan GT Singosari,” beber Agus.

Dibukanya GT Pakis turut memudahkan pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota, memilih alternatif Gerbang Tol Pakis. Sehingga kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani menjadi berkurang. “Pun bagi pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis,” imbuhnya.

Sebagai sosialisasi akan beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis), PT JPM menyebarkan informasi melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS). “Untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrian panjang di Gerbang Tol, pengguna jalan dihimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan,” tandas Agus. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *