Kota Malang, SERU
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal. Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan), apabila tempat duduk masih tersedia.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan.
“Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal / KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” terang Suprapto.
Berikut adalah daftar nama 13 KA Lokal / Komuter PSO (Subsidi) di wilayah Daop 8 Surabaya, di antaranya KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong, KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP), KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP), Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP), Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP), Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP) dan Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP).
Selanjutnya, Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota, Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang, Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro(PP), Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP) dan Ekonom Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP).
Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA. “Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding,” jelas Suprapto.
Kebijakan ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA dan mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA. Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun. “Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021-121 (24 jam), atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di Stasiun,” tandas Suprapto. (rhd)