Mahasiswa PSTI UMM Berhasil Manfaatkan Kaset CD Menjadi Panel Surya Low Budget

Mahasiswa PSTI UMM Berhasil Manfaatkan Kaset CD Menjadi Panel Surya Low Budget
Mahasiswa PSTI UMM Kembangkan CD Menjadi Panel Surya (foto:ist)

Malang, SERU.co.id – Mahasiswa Program Studi Prodi Teknik Industri (PSTI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil memanfaatkan Kaset Compact Disk (CD) menjadi panel surya. Sebagai alternatif budget yang lebih murah dan mudah didapatkan.

Anum Maharani dan tim berinovasi menciptakan panel surya eco-casset. Dipajang pada acara Industrial Engineering Expo (IEE), Januari lalu.

Ilustrasi Kaset CD (foto: ist)

“Umumnya, panel surya menggunakan bahan semikonduktor silikon untuk memproduksi energi. Namun, diganti bahan semikonduktor tersebut dengan limbah kaset CD yang dililit oleh tembaga untuk menghasilkan energi yang diubah menjadi listrik.

Baca juga: Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Hasilkan Listrik Portabel

Anum mengungkaplan, ide awal pembuatan panel surya tersebut didasari atas maraknya limbah kaset yang tidak terpakai.

“Kami juga melihat kalau saat ini kaset jarang digunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi, kaset juga sulit diurai tanah, sehingga kami memiliki ide untuk mendaur ulang kaset,” ungkap Anum.

Baca juga: Mulai 1 Februari, Prof. Nazaruddin Malik Resmi Rektor UMM Periode 2024-2028

Cara memperoleh kaset CD juga cukup mudah dibandingkan dengan tembaga dan baja yang memiliki fungsi sama, namun memiliki harga lebih mahal.

“Kaset memiliki daya hantar panas cukup baik jika dijemur di matahari terik. Kemudian, jika dililit dengan kabel tembaga, energi panas yang dihasilkan oleh kaset dapat diubah menjadi energi listrik. Kaset CD akan memecah foton yang dibawa energi panas menjadi ion positif dan negatif. Kedua ion akan terus bergerak dan saling berikatan membentuk arus listrik searah (DC),”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *