Kota Batu Banjir Penghargaan Sepanjang 2023, Apa Saja?

Dokumentasi berbagai momen penerimaan penghargaan. (ist) - Kota Batu Banjir Penghargaan Sepanjang 2023, Apa Saja?
Dokumentasi berbagai momen penerimaan penghargaan. (ist)

Batu, SERU.co.id – Sepanjang 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Penghargaan berskala regional dan nasional itu diperoleh dari berbagai bidang. Baik bidang pariwisata, pembangunan, pendidikan, pelayanan publik, ekonomi, pertanian peternakan, geofisika dan lainnya.

Dengan banyaknya penghargaan yang diraih Pemkot Batu, Pj. Wali Kota Batu mengaku, akan terus mengawal Program Strategis Daerah (PSD). Khususnya di sisa waktu APBD Kota Batu tahun 2023. Antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, ekonomi dan UMKM, infrastruktur dan program-program sosial.

“Kami memiliki slogan KWB Pasti Bisa, KWB singkatan dari Kota Wisata Batu. Slogan ini merupakan semangat dan saling menyemangati bagi ASN, swasta dan masyarakat, untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan Kota Batu. Jadi penghargaan ini merupakan hasil kerja keras, kolaborasi dan inovasi bersama seluruh masyarakat dalam membangun Kota Batu,” seru Dr Aries Agung Paewai SSTP MM.

Baca juga: Sejumlah Daerah Ramaikan Expo Pariwisata dan Ekraf #3 Disparta Batu

Dalam bidang Pariwisata, Pemkot Batu meraih sejumlah penghargaan. Antara lain Anugerah Program Ekonomi Terpuji kategori Pengembangan Wisata dalam detikJatim Awards 2023 di Singhasari Hotel Kota Batu, Senin (27/11/2023). Penghargaan itu diberikan atas kinerja Pemkot Batu dalam memenuhi target kunjungan wisatawan.

Kota Batu juga menerima penghargaan kategori wisata alam sebagai wisata alam yang dikelola Kelompok Masyarakat. Dalam ajang Penganugerahan East Java Tourism Award 2023 di Pasuruan, Selasa (31/10/2023).

Dalam bidang kesehatan, Pemerintah Kota Batu menerima Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan ini diberikan Kementrian Kesehatan atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023. Penghargaan diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Batu.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023, Pemkot Batu menerima penghargaan, yakni Pembina Industri Rumah Tangga Pangan Terbaik Provinsi Jawa Timur. Penghargaan lainnya, sebagai Pembina Aktif Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tempat Wisata Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Dan penghargaan atas Komitmen Pengembangan Pelayanan Kesehatan Remaja.

Baca juga: Seru! Lomba Bayi Merangkak di Health Expo HKN 2023 Dinkes Batu

Penghargaan dalam peringatan HKN 2023 ini diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, DR (HC.UA) Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi. Bertempat di Royal Orchid Garden Hotel Kota Batu, Kamis (16/11/2023).

Dalam bidang Pembangunan, Pemkot Batu menerima sejumlah penghargaan, salah satunya Pj. Wali Kota Batu mendapatkan Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Atas prestasinya mewujudkan desa berstatus mandiri berdasarkan Indeks Desa Membangun. Piagam Penghargaan itu diberikan saat diselenggarakannya Rapat Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa di Graha UNESA Surabaya, Kamis (30/11/2023) lalu.

Masih di bidang Pembangunan, Pemkot Batu meraih penghargaan Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) Tahun 2023 Kategori Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah Kota Wisata Batu (KWB). Penghargaan malam penghargaan bertemakan ‘Akselerasi Transformasi Daerah Berkelanjutan’ diberikan oleh B-Universe di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (12/9/2023). Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan inisiatif Pemerintah Daerah, baik provinsi, kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Pemkot Batu juga mendapat penghargaan Gatra Apresiasi Infrastruktur Daerah 2023 pada kategori Infrastruktur untuk Perekonomian dan Proyek Strategis Nasional. Penghargaan diserahkan oleh Pimpinan Redaksi Gatra Media Gruop, Mukhlison S Widodo di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2023) malam.

“Prestasi yang diraih ini, peran serta semua pihak yang telah mendukung percepatan pembangunan. Dan akses infrastruktur yang mendukung sektor unggulan, sehingga saling terkoneksi,” ungkap pria nomor satu di jajaran Pemkot Batu ini.

Di bidang Pendidikan, tak tanggung-tanggung, Pemkot Batu menerima 5 (lima) penghargaan dari Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur. Penghargaan diberikan pada Malam Penganugerahan Satuan Pendidikan dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar di Hotel Shangrila Surabaya, Minggu (5/11/2023).

Penghargaan tersebut, di antaranya:

  • Pertama, Kota Batu sebagai Pemerintah Daerah dengan Komitmen Tinggi terhadap Kepmendikbudristek No 471 Tahun 2021 tentang Program Sekolah Penggerak,
  • Kedua, Kota Batu sebagai Pemerintah Daerah dengan Pemanfaatan Rapor Pendidikan oleh Satuan Sekolah Menengah Pertama Tertinggi,
  • Ketiga, Kota Batu sebagai Pemerintah Daerah dengan Pemanfaatan Rapor Pendidikan oleh Satuan Sekolah Dasar Tertinggi,
  • Keempat, Kota Batu sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Capaian Literasi Tinggi pada Jenjang SD, dan
  • Kelima, Kota Batu sebagai Pemerintah Daerah dengan Pengguna ARKAS (Anggaran Kas) membuat Kertas Kerja Tinggi.

Selain itu, Pemkot Batu juga menerima penghargaan terkait Pengentasan Buta Aksara, yakni Peringkat 1 Daerah dengan Pengembangan Literasi dalam Penuntasan Buta Aksara. Penghargaan diberikan dalam Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional ke-58 Tingkat Provinsi Jawa Timur, di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu Selasa-Rabu (21-22/11/2023).

“Penghargaan ini merupakan bentuk totalitas Pemkot Batu dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa,” terang pria yang juga menjabat Kadiknas Provinsi Jatim ini.

Dalam hal Pelayanan Publik bagi masyarakat, Pemkot Batu menerima penghargaan dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Provinsi Jawa Timur 2023. Digelar di halaman Jatim Park 3 Kota Batu, Kamis (23/11/2023).

Aplikasi Among Abdi Praja (Aplikasi Kepegawaian Berbasis Android) yang digagas Pemkot Batu berhasil meraih TOP 30. Aplikasi ini memungkinkan integrasi data dan informasi dengan akses mudah dan praktis melalui perangkat Android.

“Terima kasih kepada semua yang telah bekerja keras untuk inovasi Among Abdi Praja ini. Ke depan, aplikasi ini akan terus dikembangkan, sehingga benar-benar menjadi alat yang membangun. Khususnya ASN yang disiplin, berintegritas dan memiliki jenjang karier yang baik,” ungkap Aries Agung Paewai, usai menerima penghargaan dari Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Baca juga: Kota Batu Raih Penghargaan Stand Terinovatif Pameran Inovasi Pelayanan Publik

Di bidang Pertanian dan Peternakan, Pemkot Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan). Kota Batu meraih penghargaan Juara I Kota dengan kinerja terbaik vaksin mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Penghargaan diberikan secara langsung oleh Sekda Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono di Hotel Grand Dafam Signature, Surabaya, Selasa (21/11/2023).

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap peternak kita. Dengan capaian ini, semoga ke depan kita akan mampu mencegah ancaman PMK,” ungkapnya.

Di Bidang Ekonomi, Pemkot Batu berhasil menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Kota Batu berhasil jadi daerah dengan angka kemiskinan terendah di Jatim yakni 3,31 persen, turun 0,48 persen dari tahun 2022 lalu. Sementara itu, untuk angka pengangguran di Kota Batu, turun drastis 3,91 persen dari tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 8,43 persen.

“Tahun ini angka pengangguran di Kota Batu berada di angka 4,52 persen,” timpalnya.

Kota Batu juga berhasil meraih penghargaan Inovasi Teknologi (Inotek) Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. TRIDI dari Kota Batu menerima penghargaan Terbaik I Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi. Dan Es Krim OMG menerima penghargaan Terbaik V Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Ekonomi.

“Inovasi yang lahir dari masyarakat bisa menjadi pemicu motivasi yang lain untuk bergerak bersama. Terima kasih kepada semua yang terlibat,” ujarnya, usai menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Senin (9/10/2023).

Penghargaan berskala nasional lainnya, yakni Terbaik II Nasional Bhumandala Award 2023, untuk Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan Kategori Kota. Penghargaan diberikan oleh Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia, di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kabupaten Badung, Bali, Senin (6/11/2023). Penganugerahan penghargaan turut disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr I Siti Nurbaya Bakar MSc, serts Kepala Badan Informasi Geospasial Indonesia, Muhammad Aris Marfai.

“Informasi geospasial sangat penting dalam pengambilan keputusan dan perencanaan yang berkaitan dengan lokasi atau wilayah tertentu,” sebut Pj Aries, saat itu.

Dalam bidang Pemberdayaan Anak dan Perempuan, Kota Batu meraih 2 penghargaan sekaligus pada Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023. Berlangsung di Hotel Padma Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (22/7/2023).

Dua penghargaan itu, yaitu Kota Layak Anak Kategori Nindya dan Forum Anak Desa Terbaik Nasiona diraih Forum Anak Desa Punten Kecamatan Bumiaji. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemkot Batu terus memberikan dukungan agar anak-anak Kota Wisata Batu tumbuh dan berkembang, serta menjadi kota yang layak bagi anak.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan dan hasil kolaboratif seluruh OPD dalam mewujudkan Batu sebagai Kota Layak bagi Anak (KLA),” jelasnya.

Di bidang Tata Kelola Keuangan Daerah, Pemkot Batu juga menorehkan prestasi hingga meraih penghargaan. Yang membanggakan, Pemkot Batu berhasil mempertahankan penghargaan WTP delapan kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Serta peringkat pertama, Desa Prospektif Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2022 di Kota Batu dari Kementerian Keuangan.

Kota Batu meraih penilaian WTP ke-8 kalinya. (ist) - Kota Batu Banjir Penghargaan Sepanjang 2023, Apa Saja?
Kota Batu meraih penilaian WTP ke-8 kalinya. (ist)

Penghargaan Desa Prospektif Good Governance diberikan Kanwil Provinsi JawaTimur Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI di Ruang Kerja Wali Kota, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Jumat (23/6/2023). Tujuannya, untuk mendorong desa-desa di Provinsi Jatim mewujudkan good governance dalam pengelolaan keuangan desanya.

“Ke depan, kita akan terus berkolaborasi dan berkomitmen seluruh desa, 19 desa di Kota Batu, melaksanakan good governance dalam pengelolaan keuangan desa. Terutama pengelolaan keuangan desa yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Di bidang Pemerintahan, Pemkot Batu memperoleh penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional Awards 2023. Yakni Peringkat I Nasional Kategori Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT (Kota Tipe Sedang). Pj. Wali Kota Batu menyatakan rasa bangganya atas prestasi ini.

“Saya bangga dengan kinerja seluruh ASN yang masih ingin menunjukkan prestasi. Dan ini bukan hasil kerja seseorang saja, tetapi kerja bersama seluruh ASN Kota Batu. Dengan selalu meningkatkan kompetensi ASN untuk pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pemkot Batu meraih penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur, yakni peringkat 5 daerah dengan transaksi terbesar pemanfaatkan barang dan jasa melalui Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo). Raihan ini sangat membanggakan, dalam membangkitkan transformasi digital pengadaan barang dan jasa pemerintah. Serta membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

E-Purchasing Awards Jawa Timur diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam momen acara E-Purchasing Awards 2023. Dengan tema ‘Jawa Timur Bangkit Lebih Kuat’ dengan ‘Transformasi Digital Pengadaan Barang dan Jasa’ diselenggarakan di Surabaya, Senin (29/5/2023).

“Kebanggaan bagi kita hari ini menerima E-Purcasing Awards Jawa Timur. Ini merupakan komitmen kita untuk menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang lebih transparan dan akuntabel,” ungkap Aries, usai menerima penghargaan.

Kota Batu menerima penghargaan peringkat 5 Nasional Pengawasan Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. Bersama Kepala Arsip Nasional RI Imam Gunarto pada Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-52 Tahun 2023 di Hotel El Royal Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/5/2023).

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berharap, penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan kearsipan. Terutama arsip menjadi dokumen memori sejarah perjalanan jati diri Kota Batu.

“Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kearsipan. Terutama membangkitkan kesadaran bahwa arsip menjadi dokumen memori sejarah perjalanan jati diri Kota Batu dan bahan akuntabilitas kinerja setiap pemerintahan,” ujarnya.

Kota Batu meraih Piala Adipura. (ist) - Kota Batu Banjir Penghargaan Sepanjang 2023, Apa Saja?
Kota Batu meraih Piala Adipura. (ist)

Di bidang Lingkungan Hidup, Kota Batu berhasil membawa pulang Penghargaan Trophy Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Sedang. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar, di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (28/02/2023). Piala Adipura ini adalah penghargaan pertama yang diterima Pemerintah Kota Batu setelah 21 berdiri sebagai daerah otonom.

“Piala Adipura ini penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Batu, yang telah bekerja bersama, bergotong-royong mewujudkan Kota Batu yang bersih, indah dan nyaman. Terutama dalam kepemimpinan Dewanti Rumpoko selama 5 tahun, Kota Batu juga memiliki TPA yang luar biasa dan dikelola dengan baik,” tukasnya. (adv/komindo/dik/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *