Tanggul Bengawan Solo di Lamongan Ambles di 10 Titik

Tanggul Bengawan Solo di Lamongan Ambles di 10 Titik

LAMONGAN, SERU – Sepanjang tahun ini di sepanjang Bengawan Solo yang membentang di Kabupaten Lamongan terdapat 10 titik tanggul yang mwngalami ambles.

Kesepuluh titik rawan longsor tersebut tersebar di sejumlah desa yang berada di empat kecamatan, diantaranya adalah Desa Pelangwot, Keduyung, Mojoasem, Kecamatan Laren, Desa Bedahan Kecamatan Babat, Desa/Kecamatan Karanggeneng serta di Kecamatan Kalitengah.

Yang terbaru adalah amblesnya tanggul Bengawan Solo yang berada di Dusun Glogok, Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, dengan panjang kurang lebih 150 meter dan kedalaman mulai dari 4 meter hingga 7 meter.

Kepala Dusun Glogok, Sunandar mengatakan, amblesnya tanggul Bengawan Solo di wilayahnya tersebut merupakan yang kedua kalinya selama musim kemarau tahun ini.

“Yang lebih menghawatirkan, ini sudah mendekati tanggul negara Bengawan Solo, jika tidak segera ditangani, air Bengawan Solo nantinya akan sedikit demi sedikit menggerus dan terjadi tanggul jebol,” kata Sunandar, Rabu (27/11/2019).

Sementara itu, Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muslimin mengatakan, pihaknya sudah meninjau lokasi dan melakukan pendataan.

“Selanjutnya data tersebut akan kami melaporkannya ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk dilakukan penanganan,” ujar Muslimin. (Fiq)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *