Kadisdikbud Harimas Pimpin Sertijab 77 Kepala SD dan SMP Bondowoso



Bondowoso,SERU- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bondowoso Jawa Timur (Jatim) menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta pengawas SD, pagi kemarin (1/10/2019). Puluhan sertijab yang digelar di Aula Ki Hadjar Dewantara Kantor Disdikbud Bondowoso, ini dipimpin Kepala Disdikbud (Kadisdikbud) setempat, H. Harimas.

Harimas didampingi Sekretaris Disdikbud Putut Rijatmiko, Kabid SD/SMP Lilik Harijati, Kabid PAUD-PNF Murni, Kabid  Kebudayaan Eko Sujiatmoko, dan Plt Kabid Ketenagaan M.Jamal mengingatkan para Kepala Sekolah (Kepsek) baik SD maupun SMP yang baru melaksanakan sertijab agar bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. ”Karena, maju mundurnya sekolah, tergantung kepemimpinan Kepsek, apakah mampu atau tidak meningkatkan mutu pendidikan sekolah,” katanya.

Mantan Kepala Bakesbangpol, BKD, Diskoperindag, dan Inspektorat itu juga meminta Kepsek baru yang mendapat promosi dan yang mutasi atau rotasi bisa menunjukkan prestasi kerja lebih baik dalam memajukan pendidikan di Bondowoso. Selain itu, bisa berfungsi sebagai leader, educator, mutivator, iInovator, manajer, administrator, dan supervisor di SD dan SMP yang dipimpinnya. ”Karena, promosi dan mutasi Kepsek merupakan bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan di Bondowoso yang dilakukan sesuai mekanisme aturan dalam Permendikbud No.6 tahun 2018,”  terangnya.

Untuk itu, Harimas berharap, Kepsek yang baru sertijab segera melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dan beradaptas dengan lingkungan kerja serta masyarakat sekitar dengan penuh tanggung jawab. Karena, mereka merupakan guru terbaik yang memiliki kemampuan memimpin SD maupun SMP. ”Memang dalam mutasi dan promosi Kepsek ada yang senang dan ada yang kecewa. Tapi, Kepsek baru yang mutasi dan promosi, ini adalah guru terbaik yang memiliki kemampuan dan pengalaman manajemen yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikan SD dan SMP di Bondowoso,” ujarnya.

Plt Kabid Ketenagaan Disdikbud, M. Jamal menjelaskan, sertijab Kepala SD dan SMP serta pengawas SD oleh Disdikbud merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan pengambilan sumpah 182 ASN berbagai OPD, pendidikan, dan kesehatan lingkup Pemkab Bondowoso oleh Bupati KH. Salwa Arifin di Pendapa Bupati pada 21 September lalu. Untuk sertijab Kepala SD dan SMP serta pengawas oleh Disdikbud Bondowoso diikuti 77 guru. ”Dengan rincian 32 guru promosi Kepala SD dan 2 guru promosi Kepala SMP. Sisanya, 34 guru mutasi Kepala SD dan SMP serta 1 pengawas SD,” jelas Jamal. (ido)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *