Kemenkominfo Ajak Netizen Probolinggo Kritis dan Kebal Hoaks!

Webinar literasi digital "Kebal Hoaks: Ayo Jadi Netizen Kritis!". (ist) - Kemenkominfo Ajak Netizen Probolinggo Kritis dan Kebal Hoaks!
Webinar literasi digital "Kebal Hoaks: Ayo Jadi Netizen Kritis!". (ist)

Terkait tema, Kemenkominfo menemukan 9.546 hoaks telah tersebar di berbagai platform media sosial di internet. Data tersebut terangkum dalam kurun waktu tiga tahun, mulai Agustus 2018 hingga awal 2022.

Saat ini, media penyebaran hoaks pun beragam. Melalui aplikasi perpesanan WhatsApp sebanyak 62,8 persen, situs web sebanyak 34,9 persen, dan media sosial 92,4 persen.

Bacaan Lainnya

Tahun ini, program #literasidigitalkominfo mulai dilaksanakan Kemenkominfo sejak 27 Januari 2023. Program yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Pada 2023, program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif dan aman.

Setiap tema dalam program IMCD selalu dibahas dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Skor tertinggi indeks literasi digital Indonesia diraih pilar budaya digital (digital culture) dengan skor 3.90.

”Diikuti etika digital (digital ethics) skor sebesar 3.53, dan kecakapan digital (digital skill) sebesar 3.44. Keamanan digital (digital safety) mendapat skor terendah 3.10 atau sedikit di atas sedang,” urai Kemenkominfo.

Literasi digital diperlukan, karena berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social. Pengguna internet dan media sosial di Indonesia pada periode 2021-2022 mencapai 220 juta orang.

”Padahal, pada 2019, jumlah itu tak lebih dari 175 juta orang,” jelasnya.

Informasi lanjutan mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.idM, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (*/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: Gandeng Pedagang Pasar Ramadan, Kemenkominfo Ajak Amankan Data Pribadi Transaksi Online