Kemkominfo Edukasi Creativetalks Pojok Literasi Bagi Generasi Milenials Kota Malang

Kampanye Indonesia Bersih 1 Juta Tumbler. (rhd)

Kota Malang, SERU – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali menggelar literasi kepada publik yang dikemas dalam bentuk Creativetalks Pojok Literasi bertemakan “Merencanakan Keuangan Millenials”, di Loteng Resto & Teppanyaki Bar Jalan Bandung no. 5 Malang, Kamis (10/10/2019)

Bacaan Lainnya

Walikota Malang, H. Sutiaji, berkesempatan membuka secara resmi acara yang diikuti 150 orang generasi milenials di Kota Malang itu. Walikota mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas terpilihnya Kota Malang sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan. “Hal ini menunjukkan bahwa Kota Malang memang telah diakui sebagai kota yang memiliki generasi yang kreatif, sehingga banyak kementerian atau lembaga yang melaksanakan kegiatan di kota kita demi peningkatan sumber daya manusia kreatif di Indonesia,” serunya.

Sutiaji menerima cenderamata dari Septriana Tangkary. (rhd)

Sutiaji menambahkan, kedepan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan, karena hal ini mampu memberikan manfaat positif bagi pengembangan ekonomi kreatif, khususnya yang berbasis digital di Kota Malang. “Kita sadari bersama bahwa generasi muda kita sudah sangat melek IT dan segala transaksi keuangan mereka lakukan dengan sistem online, sehingga literasi seperti yang dilaksanakan pada hari ini penting untuk diikuti agar memberikan efek yang positif, khususnya untuk pengembangan jiwa enterpreneur berbasis teknologi (technopreneur),” tegasnya.

Senada, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekononian dan Maritim Kementerian Kominfo RI, Septriana Tangkary, menjelaskan, pihaknya ditunjuk untuk memegang tanggung jawab sebagai pelaksana diseminasi dan edukasi melalui seluruh saluran komunikasi yang tersedia kepada generasi muda sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

“Strategi yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik melalui kegiatan Creativetalks yang menyasar millenial ini, adalah sebagai forum untuk mengembangkan wawasan dalam rangka meningkatkan pemahaman kaum millenial terhadap perencanaan keuangan,” seru Septriana Tangkary.

Sutiaji dan Septriana Tangkary, menjelaskan pentingnya generasi milenials kembangkan ekonomi kreatif berbasis digital. (rhd)

Disisi lain, Septriana, mengatakan, anak-anak muda tidak boleh lagi berfikir menunggu kiriman uang dari orangtua, tapi justru merekalah yang seharusnya memberikan uang kepada orangtua.


“Jadi anak-anak muda jangan berfikir menunggu uang dari orangtua, tapi bagaimana menggunakan entrepreneur diri mereka sendiri untuk menggerakkan ekonominya. Harusnya mereka yang memberikan uang kepada orangtua dan tidak meminta lagi kepada orangtua,” tambah Septriana, sembari kampanye Indonesia Bersih 1 Juta Tumbler.

Menurutnya, saat ini sudah banyak contoh orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan di usia muda, diantaranya pendiri Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Ovo, dan lainnya. Diharapkan teman-teman muda di Malang juga bisa meraih sukses di usia muda, karena perekonomian kedepan akan dimulai dari anak muda. “Kota Malang kita pilih untuk menyelenggarakan kegiatan ini, karena memang anak-anak disini sangat kreatif dan inovatif. Mereka punya semangat untuk mengubah visi dan misi mereka kedepan. Kedepan kita ingin semua anak muda menjadi technopreneur. Bukan menjadi orang yang hanya ingin bekerja menjadi PNS atau BUMN,” tandasnya. (rhd)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *