Aminah Cendrakasih Pemeran ‘Mak Nyak’ Berpulang

Aminah Cendrakasih. (ist) - Aminah Cendrakasih Pemeran 'Mak Nyak' Berpulang
Aminah Cendrakasih. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Aktris Aminah Cendrakasih berpulang pada Rabu (21/12/2022) malam. Aktris pemeran Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan ini meninggal dunia akibat sakit.

Anak dari Aminah, Hadi, mengatakan, sang ibu sempat muntah-muntah dan diberi infus pada Rabu pagi. Aminah juga menggunakan alat bantu pernapasan.

“Sejak subuh muntah-muntah, keluarga panggil dokter, terus diinfus dan dikasih (alat bantu) pernapasan. Sempat membaik, tapi nggak lama, masih muntah-muntah,” ujar Hadi.

Jenazah Aminah akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat pada Kamis (22/12/2022) pagi.

“Dimakamkan besok (jam 10 pagi) di Karet Bivak, disatukan dengan ibunya, Mak Wok (Willy Sutinah),” ujar anak Aminah, Lala.

Aminah Cendrakasih diketahui menderita glukoma sejak beberapa waktu yang lalu. Ia sudah tidak lagi beraktivitas dan hanya terbaring di tempat tidur karena kelumpuhan.

Sebagai informasi, Aminah Cendrakasih lahir pada 1938 lalu. Ia merupakan aktris yang telah membintangi lebih dari 100 film sejak 1955 hingga 1989. Nama Aminah menjadi salah satu aktris yang populer pada era 50-an.

Ia menerima penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992. Nama Aminah dikenal di kalangan generasi 90-an saat berperan menjadi ibunda Doel atau Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron ini sangat digemari pada masanya.

Meski sakit, Aminah masih tampil dalam Si Doel The Movie yang tayang pada 2018 lalu. (hma/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *