2023, Pemkot Batu Prioritaskan Pembangunan Jalan Tembus Metro – Sidomulyo

bakal jalur tembus metro sidomulyo. ist.
bakal jalur tembus metro sidomulyo. ist.

Batu, SERU.co.id – Pemkot Batu berencana membangun Jalan Tembus Metro – Sidomulyo Tahun 2023 dengan anggaran cukup besar. Pembangunan jalur ini adalah untuk memberikan kemudahan dan mempersingkat waktu  akses masuk Kota Batu dari sisi utara. Mengingat Kota Batu membutuhkan sejumlah jalan tembus untuk menghindari kemacetan. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan,  rencana pembangunan jalan tembus tersebut, masuk dalam belanja prioritas I dalam proyek strategis daerah (PSD) Kota Batu tahun 2023. Pihaknya bersama  legislatif serta dinas teknis pelaksana yakni  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu akan menggodoknya lagi lebih matang.

Bacaan Lainnya

“Jalan tembus memang masuk dalam prioritas pembangunan infrastruktur di Kota Batu,” serunya.

Wakil Dewanti Rumpoko itu menjelaskan, rencana proyek jalan tembus merupakan upaya Pemkot Batu untung menjawab tantangan. Pasalnya, kebutuhan jalan tembus itu tidak hanya sekedar untuk mengurangi kemacetan. Namun juga untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi di kawasan desa wisata.

“Kita juga harus bisa menghidupkan sisi perekonomian di desa-desa wisata. Maka dari itu harapan terbesar kami selain infrastruktur yang bagus, ekonomi juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat menuturkan, pembangunan jalan tembus membutuhkan waktu cukup lama dalam perencanaannya. Karena pembangunannya perlu banyak pertimbangan.  Pertimbangan tersebut berupa studi kelayakan, detail engineering design (DED), termasuk hpembebasan lahan.

“Intinya dengan adanya pembangunan jalan tembus ini bisa  mengurangi kemacetan dan menjadi solusi jalan baru,” imbuhnya

Bisa dipastikan, jalur tembus ini nanti bakal menjadi jalan penghubung Batu-Mojokerto melalui Desa Sidomulyo. Sesuai hasil peninjauan awal, jalan tersebut diperkirakan bakal dibangun sepanjang 1 km. Pembangunan pedestrian seputar alun-alun Batu juga bakal menjadi fokus lain DPUPR.

“Potensi-potensi Kota Batu yang aksesnya susah dulu bisa menjadi mudah” pungkasnya. (dik/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *