Jakarta, SERU.co.id – PT Smartfren Telecom Tbk telah melakukan optimasi jaringan menjelang Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446 H. Upaya itu dilakukan untuk memastikan akses internet anti lemot.
VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat mengungkapkan, optimasi jaringan telah 100 persen selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional perusahaan. Selain itu, Smartfren berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) untuk menyediakan posko layanan pelanggan di sejumlah titik-titik keramaian mudik.
“Optimasi jaringan kami lakukan untuk memastikan pelanggan Smartfren selalu mendapatkan layanan kualitas terbaik dalam perjalanan mudik, maupun saat hari-hari biasa. Harapannya, dengan meningkatnya kualitas jaringan, pelanggan bisa menikmati layanan internet 100 persen 4G dari Smartfren,” seru Agus, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2025).
Agus mengatakan, wilayah yang menjadi perhatian utama optimasi jaringan, yaitu pusat keramaian seperti stasiun, bandara hingga terminal. Optimasi juga dilakukan di jalur dan wilayah tujuan mudik yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.
Optimasi jaringan yang dilakukan Smartfren berfokus mengatasi potensi lonjakan traffic akses internet. Dimana terjadi pada musim mudik, hari raya Idulfitri dan momen arus balik.
“Dibandingkan hari biasa, diperkirakan lonjakan akses traffic internet mencapai kisaran 10-14 persen. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan layanan internet di masyarakat,” ungkapnya.
Selain itu, perusahaan juga meletakkan sejumlah posko mudik yang merupakan kolaborasi Smartfren bersama Komdigi. Pendirian posko mudik bertujuan mempermudah layanan yang diperlukan, seperti isi pulsa, membeli kartu perdana dan bantuan pelanggan.
Dengan segala optimasi yang dilakukan, Agus memastikan, seluruh pelanggan bisa memperoleh kualitas jaringan optimal dan layanan terbaik. Tentu hal itu mendukung berbagai kegiatan digital, seperti streaming video, musik, film dan menjelajah media sosial di momen Lebaran.
“Smartfren merupakan satu-satunya perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya. Dengan wilayah cakupan jaringan nasional, serta 46.000 BTS 4G yang tersebar di 288 kota di seluruh Indonesia,” bebernya.
Agus menuturkan, Smartfren telah didaulat menjadi official telco partner untuk brand-brand smartphone global ternama. Penyedia layanan jaringan internet itu juga pelopor berbagai inovasi produk seperti layanan Voice-over-LTE (VoLTE) dan SIM Digital (eSIM) di Indonesia.
“Selain itu, Smartfren juga menghadirkan pengalaman layanan data yang fleksibel melalui pilihan kartu perdana dan paket data. Smartfren menawarkan pengalaman komunikasi internet terbaik dengan harga yang terjangkau bagi konsumen,” pungkasnya.
Terakhir, ia berpesan, masyarakat dapat menggunakan layanan posko mudik di Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Rest Area KM 57 & 62 Tol Cipularang, Stasiun Gambir dan Stasiun Tawang Semarang. Selain itu terdapat sejumlah booth layanan pelanggan di sejumlah lokasi lain, seperti Terminal Kampung Rambutan, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Bogor.
“Perusahaan juga berkolaborasi dengan kepolisian setempat untuk mendirikan pos pengamanan perjalanan mudik. Beberapa pos diantaranya terletak di Bandung, Cirebon, Brebes, Tegal, Demak, Rembang dan Pati,” tandasnya. (ws13/rhd)