KAI Daop 8 Optimalisasi Keselamatan dan Layanan Jelang Nataru

KAI bersama stakeholder perkeretaapian mengapresiasi petugas yang terlibat dalam optimalisasi keselamatan dan layanan jelang Nataru. (sby2) - KAI Daop 8 Optimalisasi Keselamatan dan Layanan Jelang Nataru
KAI bersama stakeholder perkeretaapian mengapresiasi petugas yang terlibat dalam optimalisasi keselamatan dan layanan jelang Nataru. (sby2)

Surabaya, SERU.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 bersama stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi menggunakan kereta api inspeksi (KAIS) di Stasiun Gubeng, Rabu (11/12/2024). Demi optimalisasi keselamatan dan layanan perjalanan kereta api (KA) selama Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo mengatakan, KAI secara total menyediakan kurang lebih 40 juta kereta jarak jauh, kereta commuter, kereta LRT, serta jenis kereta cepat Whoosh. Kereta api jarak jauh selama nataru, KAI menyediakan 3,5 juta tiket atau tempat duduk, sekitar 40 persen telah terjual.

Bacaan Lainnya

“Kami melakukan inspeksi dengan KAIS generasi empat demi kelancaran transportasi KA selama Nataru. Inspeksi ini bertujuan mengecek sarana dan prasarana berkaitan jalur dan kesiapan lainnya,” seru Didiek Hartantyo, kepada awak media SERU.co.id, Rabu (11/12/2024)

Pihaknya menghimbau, agar masyarakat segera membeli tiket di aplikasi KAI Acces, karena harga tiket akan dinamis mengikuti ketersediaan kelas tempat duduk menjelang keberangkatan.

“Harga tentunya akan dinamis berdasarkan kelas yang tersedia. Dimana salah satu musim dari dua musim yang kebutuhan pada moda transportasi kereta apinya sangat tinggi,” ucap Didiek Hartantyo.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pihaknya akan melayani sebanyak 426.920 pelanggan. Meningkat 11 persen dibanding realisasi nataru 2023/2024 sebanyak 385.983 penumpang.

“Setiap harinya, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 30.582 tempat duduk, atau 436.572 tempat duduk selama Nataru. Meningkat 3 persen dibanding Nataru tahun sebelumnya sebesar 424.106 tempat duduk,” ucap Luqman Arif.

KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 54 KA, terdiri dari 46 KA jarak jauh reguler, 6 KA jarak jauh tambahan, dan 2 KA lokal komersial tambahan.

“Puncak kepadatan pelanggan pada Libur Nataru 2024/2025 di Daop 8 Surabaya diperkirakan pada Jumat 20 Desember 2024 dengan jumlah penumpang 28.261,” terang Luqman.

Selain berkomitmen memberikan keselamatan perjalanan KA, KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan inovasi untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan KA. Di wilayah Daop 8 Surabaya, telah hadir faslitias Face Recognition Boarding Gate. Serta menghadirkan fasilitas berupa Water Drinking Station, yakni fasilitas isi ulang air minum secara gratis.

“Fasilitas tersebut tersedia di tiga stasiun keberangkatan, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang,” tandasnya. (sby2/rhd)

disclaimer

Pos terkait