Berdasarkan data pemerintah, UMKM memiliki potensi besar di Malang dan Jawa Timur, dimana UMKM Jatim menyumbang 58,36 persen bagi Produk Domestik Regional (PDRB) provinsi pada tahun 2022. Di samping itu, pertumbuhan ekonomi Kota Malang pada tahun 2023 tercatat sebesar 6,07 persen, salah satu yang tertinggi di Jawa Timur.
“Saat ini, ada sekitar 21 juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk dari Malang dan Jawa Timur. Melihat potensi yang besar di Malang dan Jawa Timur, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan deretan inisiatif untuk mendorong perkembangan para pelaku usaha. Sekaligus mempermudah pembeli mendapatkan produk kebutuhan dengan lebih beragam, cepat, dan efisien,” ucap Nuraini, sapaan akrabnya.
Salah satu inisiatif yang diusung adalah Promo Guncang 6.6, sebagai bagian dari rangkaian kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB). Bisa ditemukan baik di Tokopedia maupun ShopTokopedia di aplikasi TikTok hingga puncak kampanye 6 Juni 2024.
“Promo Guncang 6.6 memiliki beragam produk terlaris di berbagai kategori, termasuk makanan dan minuman, kecantikan, fesyen, elektronik dan masih banyak lagi. Selama kampanye berlangsung akan ada flash sale 95 persen dalam waktu 6x sehari, Bebas Ongkir dan berbagai promo lainnya,” terangnya.
Ada pula, kampanye Beli Lokal, yang mengusung produk-produk brand lokal, termasuk dari Malang dan Jawa Timur. Seperti Promo Guncang 6.6, kampanye Beli Lokal juga dapat ditemukan baik di Tokopedia dan ShopTokopedia, sehingga UMKM bisa mendapatkan jangkauan pasar yang semakin luas dan bervariasi.
“Data internal Tokopedia mencatat, para pelaku usaha di Jawa Timur, termasuk UMKM lokal, mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi 1,5 kali lipat. Sementara itu, volume pesanan secara keseluruhan pada kampanye Beli Lokal, meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024,” tandasnya. (rhd)