Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung Tanduria, UMKM Pertanian Berkelanjutan ala Anak Muda

Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung Tanduria dalam menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi dipadukan kepedulian lingkungan. (rhd) - Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung Tanduria, UMKM Pertanian Berkelanjutan ala Anak Muda
Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung Tanduria dalam menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi dipadukan kepedulian lingkungan. (rhd)

Malang, SERU.co.id – Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung UMKM lokal se-Indonesia, termasuk Malang dan Jawa Timur, agar produk-produk UMKM bisa menjadi pilihan utama masyarakat. Salah satunya Tanduria, ragam produk dan jasa pertanian berkelanjutan urban farming serta ketahanan pangan yang dikelola oleh anak-anak muda. Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia, Tanduria kini meraih omzet hingga Rp75 juta per bulan.

Founder Tanduria, Habib Thabrani mengatakan, Tanduria melakukan berbagai inovasi, seperti kursus dan workshop tentang urban farming, kolaborasi dengan pemerintah dan organisasi nirlaba. Dalam edukasi pertanian berkelanjutan serta pembuatan produk berkebun, seperti pupuk organik, benih, peralatan berkebun, pestisida nabati dan media tanam.

Bacaan Lainnya

“Produk-produk Tanduria memudahkan masyarakat untuk memulai berkebun secara berkelanjutan dan ramah lingkungan cukup dari rumah. Saat ini, Tanduria telah membantu lebih dari 4.000 petani urban dalam mewujudkan ketahanan pangan. Para petani urban ini tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Malang, Surabaya, wilayah Jabodetabek, Medan dan masih banyak lagi,” seru Bon, sapaan akrab alumni Kimia ITS ini.

Dengan memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia, Tanduria memasarkan dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga ketahanan pangan lewat urban farming. Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia, Tanduria kini meraih omzet hingga Rp75 juta per bulan.

Perjalanan panjang Tanduria dimulai pada tahun 2021, Habib Thabrani bersama beberapa rekan di Malang mendirikan Tanduria, memadukan pemanfaatan teknologi dan kepedulian terhadap lingkungan. Melihat potensi yang masih besar dari sektor pertanian Indonesia, Bon bersama rekannya memanfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk menjangkau masyarakat dan petani di seluruh Indonesia.

“Baru 3 hari jalan, Tim Tokopedia datang dan mengajak kerjasama, ga tahu mereka dapat info darimana tahu keberadaan kami. Karena kami menangkap peluang disana, kami pun sepakat bekerjasama hingga saat ini omzet Tanduria mencapai Rp75 juta setiap bulan lewat Tokopedia dan ShopTokopedia. Bahkan saat kampanye Beli Lokal, Tanduria mencatat kenaikan penjualan hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan kampanye tersebut,” ucap Bon.

Di sisi lain, Tanduria juga memanfaatkan TikTok sebagai platform video singkat untuk membagikan tips-tips berkebun bagi masyarakat. Tentunya dengan strategi yang bisa dipahami oleh penonton, dengan video berkelanjutan agar mereka mudah memahami hingga tertarik bergabung.

“Kami sering membagikan tips dan edukasi berkebun bagi masyarakat melalui video pendek di TikTok. Seperti tips merawat tanaman di musim kemarau, teknik mencangkul, informasi media tanam, dan banyak info edukasi lainnya,” beber Bon.

Pos terkait