Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung Tanduria, UMKM Pertanian Berkelanjutan ala Anak Muda

Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung Tanduria dalam menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi dipadukan kepedulian lingkungan. (rhd) - Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung Tanduria, UMKM Pertanian Berkelanjutan ala Anak Muda
Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung Tanduria dalam menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi dipadukan kepedulian lingkungan. (rhd)

Sementara itu, Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan materi edukasi dengan berbagai topik relevan. Mulai dari cara menyusun strategi bisnis dengan lebih baik, pembuatan konten di TikTok, teknik penjualan, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Kita rutin berikan pelatihan melalui Pusat Edukasi Seller dan Shop Tokopedia Academy. Ada banyak materi mulai pemula sampai advance, hingga cara bikin konten yang menarik agar datang ke toko di Tokopedia. Sehingga membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal mempersiapkan bisnis dengan lebih baik dan matang serta dapat memaksimalkan penjualan,” jelas Kiki, sapaan akrabnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tren penjualan positif produk di Malang dan Jawa Timur berkat berbagai kampanye dan inisiatif dari Tokopedia dan ShopTokopedia. Beberapa kategori dan produk di Malang dan Jawa Timur mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi selama kuartal I tahun 2024 dibandingkan kuartal I 2023.

“Di Malang, fashion, groceries, rumah tangga, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” jelas Kiki.

Data internal Tokopedia menunjukkan, di Malang, rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan menjadi beberapa produk terlaris kategori Fashion di Tokopedia. Sedangkan minyak goreng, gula pasir, dan kopi sachet adalah paling laris di kategori Groceries di Tokopedia. Lain halnya di kategori rumah tangga, bantal kasur, pompa galon elektrik, dan keranjang sampah jadi beberapa produk terlaris di Tokopedia.

“Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, fashion, groceries, olahraga dan hobi, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” imbuh Kiki.

Beberapa produk Tanduria, salah satu UMKM Malang yang memadukan teknologi dan kepedulian terhadap lingkungan dalam berkebun di rumah. (ist)

Data internal Tokopedia menunjukkan, di Jawa Timur, kulot anak, cardigan muslim dan celana tidur adalah beberapa produk terlaris untuk kategori Fashion. Obat mual dan pencernaan, minyak dan gula menjadi yang paling laris di kategori Groceries. Sedangkan diecast kapal, buku tanaman dan buku misteri merupakan beberapa produk terlaris untuk kategori Olahraga dan Hobi.

“Selain itu di Jawa Timur, beberapa produk seperti baju tidur mengalami rata-rata kenaikan jumlah transaksi 3 kali lipat. Hijab Instan naik 2,5 kali lipat, serta makanan ringan dan keripik naik lebih dari 2 kali lipat di ShopTokopedia selama kuartal I 2024 dibandingkan kuartal I 2023,” bebernya.

Melihat tren tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan berbagai kampanye, agar pelaku usaha lokal bisa mendapatkan panggung yang tepat. Misalnya, di Tokopedia ada kampanye Home Living SALEbration untuk penjual produk kebutuhan rumah tangga dan dapur, termasuk tanaman hias hingga bibit tanaman.

Ada pula Dilayani Tokopedia, yaitu layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah. Kegiatan operasional, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala, pun dilayani oleh Tokopedia.

“Penjual di Malang, misalnya, bisa memasarkan produknya ke masyarakat di luar Jawa Timur. Bahkan antarpulau lewat Dilayani Tokopedia yang salah satu gudangnya ada di wilayah Osowilangun,” tandasnya. (rhd)

Pos terkait