Hari Kedua Masa Tenang, Bawaslu Jember Copoti Stiker APK di Angkot

Pencopotan stiker APK di angkot dan angkutan umum. (ist) - Hari Kedua Masa Tenang, Bawaslu Jember Copoti Stiker APK di Angkot
Pencopotan stiker APK di angkot dan angkutan umum. (ist)

Jember, SERU.co.id – Memasuki masa tenang jelang Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember gencar tertibkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di berbagai tempat. Salah satunya stiker APK di angkutan kota (angkot).

Bawaslu menyasar Terminal Tawangalun di Desa Kaliwining, Rambipuji, Jember, untuk menertibkan dan melepas stiker caleg dan capres. Dimana terpasang pada bagian belakang angkot maupun angkutan umum lainnya.

Bacaan Lainnya

“Jadi yang kita tertibkan adalah angkutan umum, khususnya angkot yang terpasang stiker caleg maupun capres. Alhamdulillah, setelah kita koordinasi dengan pihak terminal, mereka sudah mencopot sebagian dari lin (angkot) yang dipasangi stiker tersebut,” ujar Komisioner Bawaslu Jember, Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi (Datin), Devi Aulia Rahim, Senin (12/02/2024).

Baca juga: KPU Batu Bersama Tim Gabungan Bersihkan APK di Masa Tenang

Devi mengatakan, alat peraga yang ditempel pada angkot kebanyakan adalah stiker yang dipasang di jendela bagian belakang. Tak hanya itu, sebelum memasuki masa tenang, pihaknya telah memberikan himbauan dan tekanan terhadap para caleg dan tim dari parpol. Agar segera mencopot APK yang masih terpasang.

“Ada beberapa APK yang sudah dibersihkan dan ada yang belum. Sepertinya, kalau pantauan kami, yang dibersihkan hanya yang kecil-kecil dan masih bagus saja. Kalau yang besar dan sudah lama, masih tidak dibersihkan,” paparnya.

Baca juga: Bawaslu Batu Bantah Tebang Pilih pada Penertiban APK

Selain itu, lanjut Devi, terdapat beberapa titik terminal lain yang menjadi target operasi penertiban pada angkot ini.

“Di Jember tidak hanya ada satu terminal. Setelah dari Terminal Tawangalun kita akan geser ke beberapa titik terminal lain. Insyaallah kita akan coba di dua sampai tiga titik berikutnya,” ucapnya.

Selain menertibkan APK yang terpasang di angkutan umum, Devi menegaskan, jika saat ini pihaknya beserta tim masih melakukan operasi penertiban. Terhadap APK yang masih terpasang di tempat lain. (amb/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *