Kemenkominfo Kaji Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian Probolinggo

Diskusi luring tantangan transformasi digital bagi kemajuan perekonomian. (ist) - Kemenkominfo Kaji Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian Probolinggo
Diskusi luring tantangan transformasi digital bagi kemajuan perekonomian. (ist)

”Manfaat ekonomi digital, di antaranya ketersediaan informasi yang lebih besar, menghemat waktu, menghemat biaya, menurunkan hambatan. Serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” rinci Kemenkominfo.

Masih menurut Kemenkominfo, di balik manfaat yang ditawarkan, pelaku ekonomi dan bisnis perlu memahami beberapa tantangan ekonomi digital. Di antaranya keamanan internet, SDM yang kurang memadai, dan regulasi belum optimal.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, diskusi literasi digital ini merupakan bagian dari program nasional Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023, yang kick off-nya telah dilakukan pada 27 Januari 2023. Program yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Kemenkominfo melaksanakan program IMCD 2023 secara serentak di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Baca juga: Kemenkominfo Gandeng Pemkab Nganjuk Bakal Diskusi Luring ‘Rekam Jejak Digital’ di Jatikalen

Tahun ini, IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta. Utamanya ditujukan buat mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Kemenkominfo menambahkan, saat ini Indeks Literasi Digital Indonesia (ILDI) sudah semakin baik. Hal itu diketahui dari hasil pengukuran ILDI 2021 yang digelar Kemenkominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center. Secara keseluruhan, ILDI 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46. (*/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Ping-balik: Kemenkominfo Ajak Netizen Probolinggo Kritis dan Kebal Hoaks!
  2. Ping-balik: Gandeng Pedagang Pasar Ramadan, Kemenkominfo Ajak Amankan Data Pribadi Transaksi Online