Kemenkominfo Kaji Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian Probolinggo

Diskusi luring tantangan transformasi digital bagi kemajuan perekonomian. (ist) - Kemenkominfo Kaji Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian Probolinggo
Diskusi luring tantangan transformasi digital bagi kemajuan perekonomian. (ist)

Probolinggo, SERU.co.id – Transformasi digital menuntut perubahan cara dan perilaku manusia dalam melakukan aktivitas kehidupan. Namun, perubahan itu membutuhkan adopsi teknologi, agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi kehidupan manusia.

Menyadari perekonomian merupakan salah satu aspek kehidupan yang paling terdampak di era transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI akan menggelar diskusi luring (offline). Diperuntukkan bagi komunitas digital wilayah Jawa Timur, di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (18/3/2023) pukul 10.00.

Baca Juga

”Untuk mengikuti diskusi ini, peserta dipersilakan mendaftar lebih dulu melalui link registrasi di https://s.id/DaftarHadirProbolinggo1803. Selain mendapat e-sertifikat, tersedia hadiah e-money sebesar Rp 1.000.000,- untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo, dalam rilis yang diterima awak media, Jumat (17/3/2023).

Mengusung tema ”Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian”, diskusi kali ini menghadirkan narasumber kompeten. Di antaranya Yulius Christian (Kadis Kominfo Kota Probolinggo), Febrya Ilham Hidayat (Camat Krucil Kabupaten Probolinggo), Herry Darmawan (Dosen & Praktisi Teknologi), dan praktisi penyiaran Ari Utami sebagai moderator.

Dalam rilisnya, Kemenkominfo menyatakan, ekonomi digital menjadi fenomena yang semakin memiliki peran strategis dalam perkembangan ekonomi global. Besarnya kontribusi digital ini bisa dilihat dari perdagangan online yang telah mengubah ekonomi dunia sebagai ”wajah baru”. Sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi di era teknologi saat ini.

Baca juga: Kemenkominfo Gelar Webinar di Lumajang, Bahas Perlindungan Anak di Dunia Online

”Ekonomi digital merupakan seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Ekonomi digital dapat membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat, serta bisnis. Dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis,” imbuh rilis Kemenkominfo.

Ditambahkan, peran ekonomi digital bagi Indonesia juga sangat penting dan dapat memberikan harapan baru. Utamanya terhadap transformasi ekonomi, yang diprediksi akan terus berkembang, didukung oleh elemen-elemen penting yang memberikan manfaat.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *