Jemaah Haji 2023 Bisa Daftar Visa Sendiri Pakai Aplikasi Visa Bio

Haji. (ist) - Jemaah Haji 2023 Bisa Daftar Visa Sendiri Pakai Aplikasi Visa Bio
Haji. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan Aplikasi Visa Bio untuk seluruh jemaah haji Indonesia 1444 H/2023M. Keputusan ini disepakati Bersama pihak otoritas Arab Saudi sehingga jemaah dapat melakukan pendaftaran secara mandiri.

Kesepakatan ini disahkan pada Kamis (9/3/2023) usai pertemuan antara Tim Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag dengan delegasi Arab Saudi yang terdiri dari perwakilan Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, General Authority of Civil Aviation (GACA), Wukala, serta tim Visa Bio dan tim Makkah Route.

Bacaan Lainnya

“Penggunaan aplikasi ‘Saudi Visa Bio’ akan diterapkan pada seluruh jemaah haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pemeriksaan jemaah saat datang di bandara Arab Saudi,” seru Dirjen PHU Kemenag, Hilman Latief.

Aplikasi Saudi Visa Bio memungkinkan Jemaah untuk melakukan pendaftaran secara mandiri tanpa mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi atau pusat penerbitan visa di Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore maupun App Store.

“Aplikasi ini dapat diunduh melalui gawai masing-masing jemaah dan seluruh identitas termasuk sidik jari dan wajah jemaah direkam pada aplikasi tersebut,” terang Hilman.

Selain itu, kedua pihak juga membahas implementasi Mecca Route atau fast track yang akan Kembali dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta. Layanan ini akan digunakan oleh Jemaah dari DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Sebagian Jawa Barat.

Baca juga: Cara Cek Tahun Keberangkatan Haji di Aplikasi Pusaka Kemenag

Fast track sudah dimulai sejak 2018. Layanan ini memberikan layanan yang lebih cepat dengan pengurusan proses imigrasi sejak di bandara Indonesia sehingga Jemaah tidak perlu diperiksa paspor dan visanya setelah tiba di Saudi.

“Jumlah jemaah yang akan dilayani oleh fasilitas fast track sebanyak 55.321 jemaah,” kata Hilman. (hma/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *