Awas! Kemenkes Sebut 1 dari 5 Wanita Akan Obesitas di 2030

ft obesitas. (ist) - Awas! Kemenkes Sebut 1 dari 5 Wanita Akan Obesitas di 2030
Obesitas. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyoroti makin meningkatkan prevalensi kasus obesitas di Indonesia. Kemenkes memprediksi, sebanyak 1 dari 5 wanita dan 1 dari 7 pria akan terkena obesitas pada 2030.

Prediksi ini setara dengan lebih dari 1 miliar orang di dunia. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, kondisi ini akan menjadi beban ganda bagi negara-negara berkembang.

Bacaan Lainnya

“(Kasus obesitas) dari 10,5 persen di 2007, pada 2018 naik menjadi 21,8 persen,” seru Maxi, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Satu Warga Kabupaten Malang Terjangkit Penyakit Leptospirosis

Peningkatan kasus obesitas berisiko memicu kerugian ekonomi sebagai imbas tingginya biaya perawatan. Tak hanya itu, kasus kematian juga akan berpotensi tinggi.

“Obesitas menjadi faktor risiko terhadap penyakit tidak menular (seperti) diabetes, jantung, hipertensi, penyakit metabolik dan non metabolik lainnya, dan berkontribusi sebagai penyebab kematian tertinggi pada penyakit kardiovaskular, ginjal, diabetes, merupakan angka yang paling banyak meninggal,” jelas Maxi.

Baca juga: Pengumuman! Minuman Manis Akan Kena Pajak Mulai 2024

Baru-baru ini, kasus obesitas juga menjadi sorotan tak hanya pada orang dewasa, tetapi pada anak-anak. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi kegemukan keseluruhan pada anak berusia lima hingga 12 tahun adalah sebesar 20 persen. Secara rinci, prevalensi tersebut mencakup gizi lebih sebesar 10,8 persen dan obesitas 9,2 persen.

Kemenkes mencatat, anak-anak yang banyak mengalami obesitas berkisar pada usia 12 tahun. Daerah yang memiliki prevalensi obesitas tertinggi adalah Kepulauan Bangka Belitung. (hma/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *