SMK PGRI 3 Malang Pimpin 42 Sekolah PBD di Jatim-Bali

Pengurus PBD Jatim-Bali. (rhd)

• Pengukuhan Pengurus, Pengesahan Kurikulum PBD dan Penandatanganan KUR Sinkronisasi TKRO

Kota Malang, SERU – Sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa-Bali, SMK PGRI ditunjuk sebagai tuan rumah Pengukuhan Pengurus dan Pengesahan Kurikulum Daihatsu Pintar Bersama Daihatsu (PBD) wilayah Jawa Timur dan Bali oleh Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr Hartono MSi, di Aula SMK PGRI 3 Malang, Senin (21/10/2019).

Bacaan Lainnya

Selain pengesahan kurikulum, juga dilakukan sinkronisasi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK – PBD (Pintar Bersama Daihatsu) korwil Jatim-Bali oleh Kasi Kurikulum Diknas Jatim Drs Hery Trijono MSi.

Kabid PSMK Dinas Pendidikan Jatim Dr Hartono MSi, mengukuhkan M. Lukman Hakim, ST sebagai Ketua PBD Jatim-Bali. (rhd)

Ketua PBD Jatim Bali, M. Lukman Hakim, ST, mengatakan dengan pengukuhan pengurus dan pengesahan kurikulum PBD, diharapkan agar kurikulum PBD semakin membentuk budaya industri dan keterserapan lulusan semakin meningkat. “Dari 42 sekolah binaan dibawah PBD, ditargetkan serapannya 500 siswa SMK baik swasta dan negeri dalam korwil Jatim-Bali, yang terbagi 6 korda, Malang, Blitar, Jember, Probolinggo, Surabaya/Sidoarjo, dan Ngawi Rencananya, semester depan akan diterapkan oleh para guru baik dari level technician, pro technician, dan advance,” seru Kepala SMK PGRI 3 Malang, sebagai tuan rumah.

Menurutnya, ketika budaya industri sudah terintegrasi mulai guru, siswa, dan infrastruktur yang ada, maka akan mudah link dan match dengan kebutuhan industri. “Selain terkait akreditasi, kami juga mendampingi SDM dan pengolahannya. Contoh kawasan hijau, standarnya bengkel harus lebih bersih dari rumah sakit. Artinya, sesuai standar industri. Karena nilai plusnya untuk mendapatkan animo dan tingkat kepercayaan masyarakat,” jelas Lukman.

• Baca juga :

http://seru.co.id/polinema-kemkominfo-cetak-lulusan-smk-bersertifikasi-vsga-dalam-dts-2019

Lukman mengatakan SDM yang terpilih menjadi pengurus harus memiliki tanggung jawab yang sama dan tidak mementingkan sekolahnya, atau egosektoral. “Banyak yang dicalonkan, karena ini program sekolah Daihatsu, maka yang dipilih adalah SDM bisa di keduanya dan bersedia mensupport segala sesuatunya, baik secara keilmuan dan teknis. Sehingga saling budaya industri di semua sekolah binaan. Terutama softskill dan akademik,” tandas Lukman.

Pengesahan Kurikulum PBD dan Penandatanganan KUR Sinkronisasi TKRO SMK. (rhd)

Sementara, Ketua PBD Pusat dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Jakarta, Kirana Belly, mengungkapkan total keanggotaan 286 sekolah PBD se-Indonesia. Pengurus yang terpilih merupakan perwakilan dari sekolah kompeten dan aktif memimpin sekolah di daerahnya, melalui korda. “Harapannya, mereka dapat mensupport kami hingga di daerah, terkait pelatihan hardskill dan softskill. Terutama update informasi kepada guru terkait teknologi terbaru Daihatsu. Sehingga bisa didedikasikan kepada siswa,” harap Belly.

Selain itu, lanjut Belly, PBD mengajarkan budaya kerja Daihatsu kepada para siswa, seperti jalur hijau, dan lainnya. Menurutnya, jumlah keterserapan kerja lulusan sekolah ke ADM terus meningkat. “Dari hasil evaluasi, jumlah serapan terus meningkat. Yang sebelumnya ADM mencari SDM, sekarang cukup mudah mendapatkan SDM. Meski tidak semuanya bisa kami serap. Keuntungan lainnya, SDM yang kami bina bisa diserap perusahaan lainnya,” tandas Belly.

Kasi Kurikulum Diknas Jatim Drs Hery Trijono, MSi, mengatakan ini sebuah kreatifitas tinggi yang berimbas pada prioritas dalam menjawab tantangan ke depan. “Jika selama ini dihembuskan penyumbang pengangguran terbesar dari SMK, kita jawab dengan kegiatan ini. Harapannya, agar lebih solid, dan lebih terarah. Dengan sinkronisasi kurikulum yang tersusun, diharapkan lulusan dapat bekerja di dunia industri,” jelas Heri, mendampingi Kabid PSMK Diknas Jatim.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan Penandatanganan KUR Sinkronisasi TKRO SMK PBD Jatim Bali oleh Ketua PBD Pusat bersama Kabid PSMK Diknas Jatim, serta penyerahan SK secara simbolis oleh Koordinator PBD Pusat kepada Ketua PBD wilayah Jatim-Bali.

Sementara di waktu yang sama, namun tempat terpisah, SMK PGRI 3 juga memberikan Workshop Pembelajaran Aplikasi Ujian Online Berbasis Web kepada SMPN 1 Ngantang. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *