BPJS Kesehatan Resmi Pindahkan Layanan Administrasi ke MPP Merdeka Kota Malang

BPJS Kesehatan Resmi Pindahkan Layanan Administrasi ke MPP Merdeka Kota Malang
BPJS Kesehatan alihkan pelayanan administrasi ke MPP Merdeka Kota Malang. (ist)

Malang, SERU.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Malang kini resmi memindahkan seluruh layanan administrasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka Kota Malang. Kolaborasi ini dilakukan bersama Pemerintah Kota Malang melalui Disnaker PMPTSP guna memberikan akses layanan yang lebih mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Yudhi Wahyu Cahyono menjelaskan, mulai 2 Juni 2025, semua layanan administrasi tidak lagi dilakukan di kantor BPJS. Melainkan terpusat di MPP Merdeka yang berlokasi di Jl. Merdeka Timur, Klojen.

Bacaan Lainnya

“Layanan ini buka setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00–15.00. Pemindahan ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam menghadirkan pelayanan publik satu pintu yang lebih efisien dan memuaskan,” seru Yudhi dalam rilis yang diterima SERU.co.id.

Yudhi menegaskan, layanan di MPP Merdeka sama lengkapnya seperti di kantor cabang sebelumnya. Peserta tetap bisa mengakses layanan administrasi kepesertaan, pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

Sementara itu, Kantor BPJS Kesehatan Malang kini dialihkan fungsinya sebagai pusat layanan digital melalui Anjungan Mandiri JKN (AMAN JKN). Peserta dapat menggunakan AMAN JKN untuk cek status keanggotaan, tagihan, perubahan data dan informasi lainnya.

Tak hanya itu, kanal layanan non-tatap muka juga tetap aktif. Seperti aplikasi mobile JKN, layanan WhatsApp PANDAWA di 08118165165, Care Center 165 dan kanal daring lainnya.

Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastyawan, menyambut baik integrasi layanan BPJS ke MPP Merdeka. Ia menyebut, lokasi strategis MPP di pusat kota sebagai nilai tambah yang memudahkan masyarakat.

“Dengan bergabungnya layanan BPJS di MPP, kami harap kualitas pelayanan publik semakin meningkat. Ini adalah bentuk kolaborasi nyata antara pemerintah dan BPJS demi kemudahan masyarakat,” ungkap Arif.

Hal senada disampaikan oleh Ersa Putra Hardiansyah (27), peserta JKN yang mengurus perubahan segmen kepesertaan untuk istrinya. Menurutnya, proses pelayanan di MPP Merdeka sangat efisien dan nyaman.

“Prosesnya cepat, petugasnya ramah dan informatif. Saya sangat terbantu. Apalagi lokasinya mudah dijangkau dan semua layanan pemerintah sudah terintegrasi di satu tempat,” tutur Ersa. (aan/mzm)

Pos terkait