Belum Genap Sepekan, Dua Kebakaran Terjadi Lantaran Kelalaian Menggunakan Kompor Gas

kebakaran di wilayah kalipare
Petugas tengah memadamkan api saat kebakaran di wilayah Kalipare. (foto: ist)

Malang, SERU.co.id – Belum genap seminggu, dua kebakaran terjadi di Kabupaten Malang yang dipicu dari kelalaian dalam menggunakan kompor gas. Sebelumnya sebuah dapur di Desa Ubalan, Desa Balaisari, Kecamatan Ngajum ludes dilalap si jago merah karena lupa mematikan kompor, Senin (12/3/2023). Disusul warung kopi milik Suniwati (54) di Jalan Raya Pateng, Dusun Kampungbaru, Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare, Rabu (15/3/2023).

Kasihumas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan, pemicu api tersebut diduga kuat bersumber dari api kompor gas yang tidak jauh dari korban mengemas bensin ecer.

Baca Juga

“Pemeriksaan awal di TKP, sumber api diduga berasal dari kompor yang tidak jauh dari lokasi pengisian bensin ke dalam botol, sekitar 1 meter,”seru Taufik.

Baca juga: Kompor Menyala Ditinggal Pergi, Bangunan Dapur Hangus Terbakar

Taufik menjelaskan, kebakaran di wilayah Kalipare ini terjadi sekira pukul 18.00. Di saat Suniwati tengah mengisi bensin ke dalam botol, untuk dijual eceran. Di waktu bersamaan, ada seorang pembeli di warung miliknya.

“Pas ada pembeli, pemilik warung ini bergegas meninggalkan alat pengisian bensin untuk pergi ke depan dan melayani pembeli tersebut,” ujar Taufik, Jumat (17/3/2023).

Seusai Suniwati rampung melayani pembeli, ia bergegas kembali ingin mengisi botol-botol bensin yang masih kosong. Namun alangkah kagetnya, dirinya mendapati beberapa botol bensin yang sudah dalam keadaan kebakar.

Mengingat yang terbakar adalah bahan yang mudah terbakar, api secara cepat langsung membesar dan merambat ke penampungan bensinnya hingga menghabiskan seisi warung.

Dengan spontan dirinya meminta tolong warga sekitar untuk memadamkan api. Mereka berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Tak selang lama, dua unit mobil kebakaran datang dan memadamkan kobaran api itu.

Baca juga: Bengkel Mobil di Tumpang Terbakar, Rugi Rp150 Juta

Beruntung dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja Suniwati mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp30 juta. Karena kebakaran melalap warung dan rumah tinggalnya.

Akibat kelalaian menggunakan kompor gas bisa mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu, Taufik menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati ketika menggunakan kompor gas. (wul/ono)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *