Surabaya, SERU.co.id – Di tengah pesatnya perkembangan dunia digital, anak muda Indonesia berpotensi menjadi motor penggerak industri kreatif. Indosat Ooredoo Hutchison memaksimalkan peluang tersebut lewat Indonesia Creator Hub (ICH). ICH menjadi ruang bagi anak muda untuk mengasah kemampuan dan menyalurkan ide kreatifnya sebagai kreator konten.
EVP–Head of Java Circle Indosat Ooredoo Hutchison, Fahd Yudhanegoro mengatakan, tahun ini ICH hadir di Universitas Airlangga Surabaya. Tahun sebelumnya sukses digelar di Jabodetabek dan Manado pada 2024. Kegiatan dikemas dalam bentuk workshop, edukasi, hingga kolaborasi langsung dengan para influencer inspiratif.
“Di era serba digital, hampir setiap orang punya perangkat di tangan dan membagikan momen ke media sosial. Indonesia memiliki potensi anak muda yang luar biasa. Indosat berkomitmen memberdayakan mereka menjadi kreator konten agar bisa menyalurkan bakat sekaligus mendorong industri kreatif digital Indonesia,” seru Fahd, Jumat (12/9/2025).
Industri kreatif digital kian menjanjikan tetapi para kreator muda masih menghadapi tantangan. Laporan Indonesia Creator Marketing Report 2025 mencatat, lebih dari 500 kreator aktif di berbagai platform. Mulai Instagram, YouTube, TikTok, hingga X (Twitter).
“Sayangnya, sebagian masih terkendala pola konten yang repetitif. Begitu juga tekanan algoritma, hingga keterbatasan finansial,” ungkap Fahd.
Indonesia Creator Hub hadir menjawab kebutuhan tersebut. Khususnya dengan menyediakan wadah pembelajaran, kesempatan tampil, hingga peluang berkolaborasi. Bahkan, peserta terbaik mendapat kesempatan memperluas jangkauan karya ke Kuala Lumpur tanpa biaya.
Plt Direktur Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga, Lastiko Endi Rahmayanto menyebut, program ini sejalan dengan visi kampus sebagai Entrepreneur University.
“Sekitar 8–13 persen lulusan kami berwirausaha, dan salah satu bentuknya adalah menjadi kreator konten. ICH merupakan pintu masuk luar biasa untuk mewujudkan target itu. Kami berharap Indosat terus aktif berkontribusi di dunia digital maupun kreatif,” katanya.
Di Surabaya, para peserta mendapatkan ilmu langsung dari influencer berpengalaman. Mulai dari strategi mengoptimalkan konten di media sosial hingga cara meningkatkan visibilitas di Instagram.
“Indosat berharap langkah ini dapat melahirkan lebih banyak kreator muda yang tidak hanya sukses secara personal. Namun juga memberi dampak positif bagi masyarakat lewat karya mereka,” pungkas Fahd. (aan/mzm)