BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Tanpa Batas Selama Libur Lebaran

BPJS Kesehatan tetap berikan layanan JKN tanpa batas selama libur lebaran. (rhd) - BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Tanpa Batas Selama Libur Lebaran
BPJS Kesehatan tetap berikan layanan JKN tanpa batas selama libur lebaran. (rhd)

Malang, SERU.co.id – BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan akses pelayanan kesehatan tanpa batas. Selama periode cuti bersama dan libur lebaran pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana mengatakan, prinsip portabilitas diwujudkan dengan memberikan jaminan pelayanan kesehatan. Yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar. Dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan,” seru Roni, saat Konferensi Pers Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024 Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan, Rabu (20/3/2024).

Baca juga: Melalui Kolaborasi, BPJS Kesehatan Transformasi Mutu Layanan Mudah Cepat Setara

BPJS Kesehatan menyediakan berbagai kanal layanan, seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

“Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN,” imbuh Roni.

Komitmen pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis, seperti:
– Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur,
– Pelabuhan Merak di Banten,
– Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta,
– Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon,
– Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang,
– Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan
– Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

“Posko tersebut menyediakan berbagai layanan. Seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat hingga pemberian rujukan bila diperlukan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini,” ungkap Roni.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana (tengah) memaparkan komitmen portabilitas. (rhd)

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, diimbau rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10. Agar status kepesertaan tetap aktif, dimana BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran.

Roni menegaskan, bilamana pelayanan yang didapatkan dari fasilitas kesehatan tidak sesuai dengan janji layanan JKN. Peserta JKN bisa melaporkan kepada pihak BPJS Kesehatan melalui kanal-kanal yang disediakan. Misalkan melalui care center 165, Aplikasi Mobile JKN, petugas BPJS Satu maupun petugas di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

“Adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) tanpa foto kopi untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan,” bebernya.

Selain itu, tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi.

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Atau peserta JKN dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

“Melalui fitur i-Care JKN oleh BPJS Kesehatan, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN, agar mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan tepat,” terang Roni.

Baca juga: BPJS Kesehatan Komitmen Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Batu, Icang Sarrazin menyampaikan, setiap puskesmas dipastikan selalu ada petugas kesehatan. Bahkan ada pula petugas administrasi yang bertugas pada saat libur lebaran 2024.

“Tak hanya 5 puskesmas yang kami libatkan dengan personel piket, Dinas Kesehatan juga melibatkan petugas piket. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu pada saat libur lebaran. Sebab kami berkomitmen dan siap mendukung layanan JKN pada saat libur lebaran pada tanggal 8 hingga 15 April 2024,” pungkas Icang.

Senada, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Umar Usman mengatakan, pihaknya melibatkan 16 Puskesmas di Kota Malang yang siap melayani. Baik piket di posko jalanan maupun puskesmas, bahkan melibatkan unsur ambulans PSC dan mitra relawan.

“Sebab bermitra dengan BPJS Kesehatan merupakan keniscayaan untuk memberikan fasilitas kesehatan secara paripurna,” tandas dr Umar. (rhd)

Pos terkait