Begini Penjelasan Anies dan Prabowo Soal Tak Salaman Usai Debat Panas

Begini Penjelasan Anies dan Prabowo Soal Tak Salaman Usai Debat Panas
Capres Anies Baswedan dan Capres Prabowo Subianto. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Debat ketiga Pilpres 2024 telah digelar pada Minggu (7/1/2024) malam di Istora Senayan. Perdebatan bertensi panas sempat terjadi antaran calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan dan capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Setelah debat selesai, keduanya nampak tidak bersamalam satu sama lain. Saat ditanya oleh wartawan mengenai hal tersebut, keduanya memberikan penjelasan. Anies mengaku dirinya sudah mencari Prabowo namun tidak bisa ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Kalau yang terakhir, sesudah selesai, saya mencari tapi sudah tidak ada, jadi tidak tahu ke mana harus salaman,” seru Anies.

Sementara, Prabowo menyebut jika Anies tidak mendatanginya untuk bersalaman. Menurutnya, Anies yang harus menghampirinya sebab ia lebih tua dari Anies.

Baca juga: KPU Respons Roy Suryo Soal Jumlah Mikrofon Debat Cawapres: Memang Tukang Fitnah

“Dia enggak datang ke saya, saya lebih tua, saya lebih senior,” kata Prabowo.

Tema debat ketiga Pilpres 2024 adalah pertahanan, keamanan, politik luar negeri, hubungan internasional, dan geopolitik. Capres Anies Baswedan banyak menyoroti soal pembelian alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Baca juga: Apa Itu SGIE? Istilah yang Ditanyakan Gibran, Tak Dipahami Cak Imin

Anies juga menyindir soal kinerja Prabowo sebagai Menhan yang dinilainya belum optimal selama empat tahun. Tak hanya itu, Anies juga menyinggung soal etik yang berhubungan dengan lolosnya cawapres Gibran Rakabuming Raka lewat putusan Mahkamah Konstitusi.

Merespons hal itu, Prabowo merasa hal yang disampaikan oleh Anies adalah hal yang keliru. Terkait etik, Prabowo merasa Anies tidak berhak berbicara mengenai hal itu karena ia memberikan contoh yang tidak baik.

Baca juga: Cak Imin Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Begini Tanggapan Gibran dan Mahfud

“Saya merasa bahwa anda itu menyesatkan, itu saja. Saya boleh berpendapatkan? Saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik,” kata Prabowo.

Debat Pilpres 2024 selanjutnya akan digelar pada 21 Januari 2024 oleh para cawapres. Debat keempat bertemakan Energi, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Mineral, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, Masyarakat Adat. (hma/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *