Hewan Ternak di Kabupaten Malang Nihil Terjangkit LSD

sapi dikandang salah satu peternakan
Sapi di kandang salah satu peternakan. (foto: ist)

Malang, SERU.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan upaya pencegahan terhadap kasus lumpy skin disease (LSD) atau penyakit kulit berbenjol pada hewan ternak.

Diketahui, hingga kini Pemkab Malang tuntaskan 37 ribu vaksinasi LSD dan masih nihil dari penyakit tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Eko Wahyu Widodo mengatakan, hingga kini kasus LSD masih belum ditemukan di wilayah Kabupaten Malang.

Meskipun begitu, pihaknya masih akan terus melakukan upaya pencegahan kasus LSD yang tengah marak beredar di beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim) ini.

“Upayanya tetap, kebetulan Kabupaten Malang kemarin mendapat 37 ribu vaksin dan sudah kita suntikan ke semua khusus sapi perah,” seru Eko, Kamis (23/03/2023).

Eko menyebut, penyakit tersebut merambah hingga Kabupaten Malang, tapi dapat dipastikan seluruh hewan yang sudah mendapatkan suntikan vaskin bakal aman.

“Jadi walaupun ada (kasus) mungkin amanlah, gak sampai terjangkit. Di beberapa kabupaten memang sudah ada tapi belum merata,” tutur eko.

Baca juga : 10 Ribu Ekor Sapi di Kabupaten Malang Sudah Divaksin

Dirinya menyebut, vaksin LSD akan terus dilakukan, namun untuk saat ini Pemkab Malang masih menunggu jatah vaksin yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk ditindaklanjuti.

“Sebanyak 37 ribu LSD sekarang sudah habis. Pengajuan selanjutnya kita tergantung provinsi, jadi di kasih berapa pun akan kita suntikkan,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *