Babinsa Blimbing Dampingi Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender

Sosialisasi pengarus utamaan gender di Kelurahan Pandanwangi. (ist) - Babinsa Blimbing Dampingi Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender
Sosialisasi pengarus utamaan gender di Kelurahan Pandanwangi. (ist)

Malang, SERU.co.id – Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Kelurahan Pandanwangi, Pelda Slamet bersama Bhabinkamtibmas mendampingi Tim Puskesmas Pandanwangi, Luly Widadiyanty Amd Kep Sps. Dalam rangka Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender (PUG). Bertempat di Aula Kelurahan Pandanwangi Jalan Simpang Teluk Grajakan No. 6A. RT 11 RW 02 Kelurahan Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang, Jumat (24/2/2023).

Kegiatan bertemakan “Sehat Reproduksi dengan Stop Kekerasan Seksual Berbasis Gender” ini dihadiri 45 orang peserta. Babinsa Kelurahan Pandanwangi, Pelda Slamet menuturkan, kegiatan ini rangkaian strategi untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam pengembangan institusi.

Bacaan Lainnya

“Serta kebijakan dan program kerja termasuk di dalamnya. Yaitu desain dan pelaksanaan kebijakan serta program monitoring dan evaluasi dalam kerjasama dengan pihak luar ataupun  pihak eksternal,” seru Pelda Slamet.

Sementara itu, narasumber dari Puskesmas Pandanwangi, Luly Widadiyanty Amd Kep Sps mengatakan, ada banyak hal yang sering disalahartikan di masyarakat. Salah satunya, gender sama dengan jenis kelamin, atau mengartikan gender pasti selalu terkait dengan perempuan.

“Padahal gender bukan didasarkan pada perbedaan biologis. Melainkan definisi gender berbeda dengan jenis kelamin, karena gender adalah konsep yang mengacu pada pembedaan peran dan tanggung jawab. Antara laki-laki dan perempuan yang dibentuk atau dikonstruksikan,” tuturnya.

Seperti laki-laki dikenal lebih rasional kuat agresif dan tegas. Sedangkan wanita bersifat emosional serta pasif dan lemah. Sementara masyarakat kita hidup di dalam sebuah kultur yang disebut dengan patriarki.

Patriarki sendiri dapat didefinisikan sebagai perilaku mengutamakan laki-laki daripada perempuan dalam masyarakat atau kelompok sosial tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *