Ini Tiga Jenis Kanker Sering Terjadi Pada Anak, Cegah dengan  Pola Hidup CERDIK

kenali kanker pada anak
Kenali kanker pada anak, cegah dengan pola hidup CERDIK. (foto; ist)

Bojonegoro, SERU.co.id – Dokter RR Khairiyah, Sp. A selaku dokter spesialis anak di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro mengingatkan,  kanker pada anak merupakan masalah kesehatan yang sangat serius. Kanker bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak. Adapun Jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak adalah kanker darah, kanker tulang, dan kanker getah bening.

Hal itu disampaikan dr.RR Khairiyah lewat program SAPA! (Selamat Pagi!) Malowopati FM, edisi Rabu (22/2/2023). Kegiatan hasil kerja bareng Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro dan RSUD Sosodoro Djatikoesomo kali ini mengajak para orang tua untuk lebih cerdas menghindari kanker pada anak.

Baca Juga

“Beberapa faktor pemicu terjadinya kanker pada anak, yaitu genetik, zat kimia, virus, dan radiasi. Namun, tidak semua anak yang terpapar faktor pemicu tersebut akan mengalami kanker. Ada beberapa faktor lain, seperti gaya hidup sehat, yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada anak,” tuturnya.

Lebih lanjut dr. RR Khairiyah menjelaskan, kanker pada anak merupakan pertumbuhan dari sel atau jaringan yang tidak normal yang tumbuh secara terus menerus dan bertambah. Sifatnya seperti mortal dan kebal. Kanker bisa menyusut juga ke jaringan-jaringan, dan ini sifatnya agresif sehingga pergerakannya akan cepat jika tidak dikenali secara dini.

Tanda-tanda anak terkena kanker dapat bervariasi tergantung pada jenis kanker dan tingkat keparahan. Beberapa tanda yang umum terjadi pada anak adalah pucat, demam tanpa sebab, muntah berulang, dan lain-lain. Jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak adalah kanker darah, kanker tulang, dan kanker getah bening.

Baca juga: Mahasiswa UB Berhasil Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Rongga Mulut

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker pada anak adalah dengan mengikuti pola hidup sehat, atau CERDIK. CERDIK adalah singkatan dari Cek, Enyahkan, Olahraga, Diet Seimbang, Istirahat, dan Kelola Stress.

Anak dapat menjaga kesehatannya dan mencegah terjadinya kanker dengan mengikuti CERDIK. Selain itu, kanker pada anak juga bisa dicegah saat 1.000 hari masa emas anak. Pada masa ini, anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan stimulasi yang memadai untuk mendukung perkembangan sel dan jaringan tubuh.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SERU Media Terpercaya (@serumediaterpercaya)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *