Labfor Polda Jatim Perkirakan 20 Kilogram Mesiu Meledak di Blitar

ft ledakan petasan di blitar (ist) - Labfor Polda Jatim Perkirakan 20 Kilogram Mesiu Meledak di Blitar
Ledakan petasan di Blitar (ist)

Surabaya, SERU.co.id – Kabid Laboraturium Forensik (Labfor) Polda Jatim Kombes Sodiq Pratomo menyampaikan, pihaknya menemukan sejumlah barang di lokasi ledakan petasan Blitar. Sodiq menyebut, pemicu ledakan besar itu lantaran adanya banyak mesiu.

Petugas yang melakukan Olah Kejadian Perkara (TKP) menemukan sekitar 20 kilogram bahan peledak mesiu di lokasi.

Bacaan Lainnya

“Ada tiga panci, yang ukuran sekitar lima kilogram, kemudian ada wajan segitu juga (ukurannya), kira-kira isiannya antara 15-20 kilogram, bahan peledaknya,” seru Sodiq, Selasa (21/2/2023).

Sodiq belum dapat memastikan jumlah pasti mesiu tersebut. Hal ini karena bahan peledak sudah terbakar dan hanya menyisakan residu saja.

“Tapi ini masih prediksi ya, karena kami gak tahu pastinya. Karena semuanya sudah terbakar semua,” ujarnya.

Bahan peledak yang ditemukan diantaranya memiliki kandungan belerang, aluminium dan kalium klorat yang menjadi bahan dasar petasan. Tak hanya itu, Labfor Polda Jatim juga mendapati puntung rokok di sekitar pusat ledakan.

“Ini merupakan bahan peledak, kalau dicampur menjadi bahan peledak jenis low explosive atau bahan isian mercon (petasan), atau bahan isian bondet. Itu yang sampai saat ini hasilnya seperti itu,” jelasnya.

Ledakan besar akibat petasan ini terjadi di Dusun Tegalrejo, Kecamatan Ponggok, Blitar terjadi pada Minggu (21/2/2023) malam. Akibat ledakan ini, sebanyak 4 orang yang merupakan satu keluarga meninggal dunia. Satu korban bernama Darman ditemukan dalam kondisi utuh, sedangkan tiga lainnya merupakan anak dan keponakan Darman yang tubuhnya sudah tidak utuh lagi.

Penyebab ledakan besar ini disinyalir akibat petasan yang disimpan di rumah Pak Darman, yang merupakan peracik petasan. Setidaknya 25 rumah di sekitar sumber ledakan juga mengalami dampak akibat ledakan. (hma/rhd)


 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SERU Media Terpercaya (@serumediaterpercaya)

 

Baca juga:

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *