Pemkab Bojonegoro Siapkan Asuransi Usaha Tani Padi untuk 17.500 Hektar Lahan

pemkab bojonegoro siapkan asuransi usaha tani padi
Pemkab Bojonegoro siapkan Asuransi Usaha Tani Padi. (foto;ist)

Bojonegoro, SERU.co.id – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dengan total luas 17.500 hektare pada tahun 2023. Asuransi tersebut dianggarkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Perlindungan Tanaman DKPP Bojonegoro, Retno Budi Widyanti menjelaskan pada tahun ini telah disiapkan AUTP bagi pemilik Kartu Petani Mandiri (KPM). Pada tahun 2022 telah terealisasi sebanyak 17.930 Ha.

Bacaan Lainnya

“Setiap petani pemilik KPM berhak untuk didaftarkan AUTP yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Bojonegoro,” ungkapnya, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga : Dianggarkan Rp34,6 Miliar, Pemkab Bojonegoro Buka Pendaftaran Beasiswa Pendidikan

Lebih lanjut, AUTP ini sifatnya stimulan atau sekali masa tanam (MT). AUTP tersebut didaftarkan secara bergantian untuk MT periode April – September dan Oktober – Maret. Untuk daerah bantaran Bengawan Solo selalu diprioritaskan untuk didaftarkan.

“Kalau tahun kemarin sudah didaftarkan berarti tahun ini bisa mendaftar secara mandiri dengan cara mengumpulkan ke Poktan kemudian didaftarkan PPL. Setelah keluar nomor VA baru bayar ke rekening Jasindo,” jelasnya.

Untuk pembayaranya secara mandiri hanya sebesar Rp 36.000 setiap MT/Ha. Namun jika pada saat itu mendapat giliran pemberian AUTP Gratis akan dibayarkan melalui APBD.

Baca Juga : Pemkab Bojonegoro Realisasikan 1.467 Sambungan Listrik Gratis Bagi Warga Tak Mampu

“Jika petani yang memiliki AUTP mengalami gagal panen yang diakibatkan oleh faktor bencana alam kekeringan, terkena hama penyakit, banjir dan sebaganiya bisa diklaim dan bisa mendapatkan asuransi sebesar Rp 6 juta per Ha,” pungkasnya. (*/ono)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *