Begini Pesan Rektor, Dubes Lebanon dan UNDP kepada 2.007 Wisudawan UMM

Wisudawan-wisudawati UMM ke-107 periode I Tahun 2023. (rhd) - Begini Pesan Rektor, Dubes Lebanon dan UNDP kepada 2.007 Wisudawan UMM
Wisudawan-wisudawati UMM ke-107 periode I Tahun 2023. (rhd)

Nasehat lain yang diberikan Vazken, selalu mencintai pekerjaan yang dilakukan. Dengan demikian, setiap pekerjaan akan terasa mudah.

Bacaan Lainnya

“Jangan takut menghadapi situasi dunia yang tak pasti, karena pasti akan selalu ada solusi,” tegasnya.

Duta Besar Lebanon untuk Indonesia, HE Mr Vazken Kavlikan, berbagi nasihat kepada wisudawan. (rhd) - Begini Pesan Rektor, Dubes Lebanon dan UNDP kepada 2.007 Wisudawan UMM
Duta Besar Lebanon untuk Indonesia, HE Mr Vazken Kavlikan, berbagi nasihat kepada wisudawan. (rhd)

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan Resident Representative United Nations Development Programme (UNDP) Jakarta, Mr. Norimasa Shimomura. Dimana saat ini dunia membutuhkan 1,8 miliar anak muda untuk ikut andil membuat perubahan dan menyukseskan Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga : UMM Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis

Norimasa memberikan literasi konsep tentang Ikigai dalam kehidupan kepada para wisudawan. Ikigai menurutnya adalah konsep mencari kebahagian. Ada dua hal menarik yang bisa diperhatikan dalam konsep Ikigai tersebut.

“Hal pertama, yakni tentang sebuah pencapaian. Dalam kehidupan sehari-hari, momen hari ini harus lebih baik ketimbang kemarin, sementara besok akan lebih baik dari hari ini,” beber Norimasa, sapaannya.

Kedua, lanjutnya, adalah terkait apresiasi. Bagaimana seharusnya manusia berperilaku, saling menghormati dan menghargai. Karena manusia saling membutuhkan satu dengan lainnya.

“Setiap orang memiliki jalan yang berbeda untuk menggapai Ikigai. Tiap orang memiliki caranya sendiri dan jalurnya sendiri untuk merasakan kebahagiaan,” ungkapnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *