UMM Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis

Guru besar bidang manajemen UMM, Prof Djoko Sigit Sayogo M Acc PhD (tengah). (ws7) - UMM Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis
Guru besar bidang manajemen UMM, Prof Djoko Sigit Sayogo M Acc PhD (tengah). (ws7)

Malang, SERU.co.id – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kukuhkan guru besar baru, yakni Prof Djoko Sigit Sayogo M Acc PhD di Teater Dome UMM, Rabu (29/12/2022). Ia dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UMM.

Dalam orasi ilmiahnya, untuk mendapat kesepakatan harga yang murni dari kualitas sebuah barang, diperlukan keseimbangan informasi antara penjual dan pembeli. Hal ini dapat dilakukan, jika seorang penjual menyampaikan semua aspek informasi secara murni pada pembeli.

Bacaan Lainnya

“Saat ini pasar tidak memiliki keseimbangan informasi antara penjual dan pembeli. Hal tersebut akan berujung pada inefisiensi harga produk,” seru Sigit, dalam pemaparannya.

Ia mencontohkan, produk-produk di supermarket. Para pembeli hanya disajikan informasi terbatas, seperti kemasan, harga, serta label sertifikasi tertentu. Sementara itu, produsen memiliki lebih banyak informasi di branding yang tertera pada kemasan produk.

Dari kendala tersebut, ia menganggap perlu adanya pengembangan smart technology. Dengan mengintegrasikan informasi dan data digital dari berbagai sumber dan format.

“Dengan perkembangan teknologi ini, konsumen memiliki kesempatan untuk menganalisis serta menelusuri data dengan lebih cermat. Dan menghasilkan keputusan yang lebih cerdas,” tambah Sigit.

Sigit juga menambahkan, perlunya penjelasan yang mengandung nilai-nilai dan kebutuhan konsumen (smart disclosure) untuk menghindari informasi berlebih. Dengan digabungkannya smart technology dan smart disclosure ini akan meningkatkan nilai sosial dan nilai ekonomi dalam waktu bersamaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *