Tak Ada Pembatasan Pembelian LPG 3 Kg Tahun Ini, Warga Tak Perlu Download MyPertamina

ft lpg 3 kg. (ist) - Tak Ada Pembatasan Pembelian LPG 3 Kg Tahun Ini, Warga Tak Perlu Download MyPertamina
LPG 3 Kg. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Kementerian ESDM menjamin tidak akan menerapkan pembatasan pembelian LPG 3 kg di tahun ini. Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, pihaknya saat ini hanya melakukan pendataan atau registrasi konsumen pembeli LPG 3 kg.

Tutuka menjelaskan, pendataan dibutuhkan untuk mengetahui penerima LPG subsidi.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita tidak akan melaksanakan pembatasan di tahun ini. Kita akan melakukan registrasi saja,” seru Tutuka, Selasa (14/2/2023) saat Rapat Kerja Komisi VII.

Ia menegaskan, masyarakat tidak perlu mengunduh aplikasi MyPertamina dalam pendataan ini. Pemerintah akan melakukan pendataan dengan menyediakan formulir yang akan diisi oleh konsumen saat membeli LPG 3 kg.

Baca juga: Mulai 2023, Beli LPG 3 Kg Harus Pakai MyPertamina

“Kalau dia nggak bisa (pakai MyPertamina) ya kita bantu, jadi ada backdoor, jadi gitu aja, yang penting itu yang beli teregistrasi gitu aja dan nggak ada pembatasan,” paparnya.  

Bahkan, masyarakat tidak perlu mendaftar dengan KTP. Menurut Tutuka, pihaknya hanya ingin mengetahui penerima LPG adalah yang memiliki identifikasi.

“Nggak perlu pakai KTP, karena sebetulnya kita hanya mau lihat yang beli itu bener orang masyarakat yang punya identifikasi atau nggak, itu paling pokok,” jelasnya.

Selanjutnya, setelah registrasi sudah dilakukan dan data yang terkumpul dinilai cukup, pemerintah baru akan melakukan pembatasan. Ia kembali menegaskan jika pembatasan tidak akan dilakukan pada tahun ini.

“Jadi kita jangan bicara pembatasan, ini hanya registrasi. Supaya mudah, jadi nggak perlu pakai aplikasi,” terang Tutuka. (hma/rhd)


Baca juga:

Ini Aturan Pemanfaatan LPG 3 Kg untuk Kalangan Pengusaha
BBM hingga LPG Pastikan Aman, Sutiaji: Tidak Usah Khawatir
Bos Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman Pasca Kebakaran Kilang Cilacap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *